Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terintegrasi local wisdom pada materi momentum dan impuls
Main Author: | Briliyandika, Nanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/1/SKRIPSI_1708066029_NANDA%20BRILIYANDIKA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan strategi REACT terintegrasi Local wisdom pada materi momentum impuls yang layak digunakan untuk peserta didik fisika lintas minat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan metode 4-D (Define, Design, Deveopment and Dessiminate) yang dilakukan hanya sampai tahap developmet. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan media serta beberapa peserta didik sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Local wisdom yang dimasukan dalam LKPD adalah permainan tradisional dan alat musik tradisional. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan oleh ahli materi sebesar 86,72% termasuk dalam kategori sangat valid, sedangkan oleh ahli media memperoleh presentase nilai sebesar 91% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik lintas minat pada aspek materi sebesar 88%, aspek kebahasaan sebesar 89% dan aspek kegrafikan sebesar 87% yang masing masing aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan strategi REACT terintegrasi local wisdom sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik lintas minat.