Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terintegrasi local wisdom pada materi momentum dan impuls

Main Author: Briliyandika, Nanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/1/SKRIPSI_1708066029_NANDA%20BRILIYANDIKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/
ctrlnum 15356
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/</relation><title>Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terintegrasi local wisdom pada materi momentum dan impuls</title><creator>Briliyandika, Nanda</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>530 Physics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan strategi REACT terintegrasi Local wisdom pada materi momentum impuls yang layak digunakan untuk peserta didik fisika lintas minat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan metode 4-D (Define, Design, Deveopment and Dessiminate) yang dilakukan hanya sampai tahap developmet. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan media serta beberapa peserta didik sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Local wisdom yang dimasukan dalam LKPD adalah permainan tradisional dan alat musik tradisional. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan oleh ahli materi sebesar 86,72% termasuk dalam kategori sangat valid, sedangkan oleh ahli media memperoleh presentase nilai sebesar 91% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik lintas minat pada aspek materi sebesar 88%, aspek kebahasaan sebesar 89% dan aspek kegrafikan sebesar 87% yang masing masing aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan strategi REACT terintegrasi local wisdom sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik lintas minat.</description><date>2021-12-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/1/SKRIPSI_1708066029_NANDA%20BRILIYANDIKA.pdf</identifier><identifier> Briliyandika, Nanda (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terintegrasi local wisdom pada materi momentum dan impuls. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>15356</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Briliyandika, Nanda
title Pengembangan lembar kerja peserta didik fisika dengan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terintegrasi local wisdom pada materi momentum dan impuls
publishDate 2021
isbn 9781708066024
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
530 Physics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/1/SKRIPSI_1708066029_NANDA%20BRILIYANDIKA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15356/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan strategi REACT terintegrasi Local wisdom pada materi momentum impuls yang layak digunakan untuk peserta didik fisika lintas minat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan metode 4-D (Define, Design, Deveopment and Dessiminate) yang dilakukan hanya sampai tahap developmet. Subjek penelitian ini adalah validator ahli materi dan media serta beberapa peserta didik sebagai responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Local wisdom yang dimasukan dalam LKPD adalah permainan tradisional dan alat musik tradisional. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan oleh ahli materi sebesar 86,72% termasuk dalam kategori sangat valid, sedangkan oleh ahli media memperoleh presentase nilai sebesar 91% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji keterbacaan oleh peserta didik lintas minat pada aspek materi sebesar 88%, aspek kebahasaan sebesar 89% dan aspek kegrafikan sebesar 87% yang masing masing aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan strategi REACT terintegrasi local wisdom sangat valid dan layak digunakan untuk peserta didik lintas minat.
id IOS2754.15356
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:40:13Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:35Z
recordtype dc
_version_ 1765821666991013888
score 17.13294