Peran kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum tahfidzul qur’an pada kelas unggulan di MTs Negeri 1 Pemalang

Main Author: Sari, Devi Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14823/1/SKRIPSI_1503036051_DEVI_NOVITA_SARI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14823/
Daftar Isi:
  • MTs Negeri 1 Pemalang adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat pertama yang berdiri dibawah naungan Kementerian Agama. Kepala Madrasah ingin mengembangkan sebuah program yaitu pengembangan program Tahfizh. Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih mendalam terhadap keilmuan yang akan diteliti oleh penulis, dan juga bisa mengungkap apa saja peran kepala Madarasah dalam pengembangan program rumah tahfidzh, dan secara praktis, penelitian ini bertujuan: a) Untuk menganalisis, Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kurikulum Program Tahfidzh di MTs negeri 1 Pemalang.; b)Untuk menganalisis Implikasi peran kepala madraah dalam mengembangkan kurikulum tahfidz di MTs Negeri 1 Pemalang; Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam mengembangkan Program tahfidzh di MTs Negeri 1 pemalang yaitu; 1) peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai pendidik; motivator, dan supervisor, dan 2)implikasi peran kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum tahfidz yaitu:dengan adanya program tersebut sekolah ini menjadi sekolah rujukan para orang tua. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan peran kepala madrasah/sekolah.