Analisis pengaruh bauran pemasaran dan karakteristik nasabah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan murabahah studi kasus di KSPPS Syirkah Muawanah Nahdhatul Ulama Kota Pekalongan
Main Author: | Faradisa, Rr. Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14405/1/Skripsi_1705036037_%20Amalia_Faradisa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14405/ |
Daftar Isi:
- Koperasi merupakan lembaga non-bank yang berperan aktif dalam perekonomian Indonesia, karena sesuai dengan kepribadian masyarakat indonesia. Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama (SM NU) Kota Pekalongan merupakan salah satu koperasi yang tergolong aktif dalam produk penyaluran dana terutama pada produk pembiayaan Murabahah. Meskipun tergolong koperasi yang produktif, tidak sedikit nasabah yang mengeluhkan mekanisme pembiayaan di koperasi tersebut sehingga perlu mendiversifikasi produknya agar tetap eksis dikalangan masyarakat. Salah satunya dengan cara menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan Murabahah. Ada 2 faktor yang dapat mempengaruhi nasabah yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Dalam penelitian ini penulis mengambil 2 variabel yaitu Bauran Pemasaran dan Karakteristik Nasabah. Penelitian ini menggunakan 100 responden nasabah pembiayaan Murabahah di KSPPS SMNU Kota Pekalongan. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran Likert, dokumentasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini menggunakan mtode analisis validitas, uji reabilitas, uji koefisien determinasi dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Bauran Pemasaran tidak berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Murabahah di KSPPS SMNU, sedangkan Karakteristik Nasabah berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk pmbiayaan Murabahah di KSPPS SMNU. Nilai t hitung Bauran Pemasaran 0,754 lebih kecil dari t tabel (1,9989). Sedangkan t hitung karakeristik nasabah 2,242 lebih besar dari t tabel (1,9989).