Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020

Main Author: Qona’ah, Dyna Safira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/1/1503096092_Dyna%20Safira%20Q_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dyna%20Safira.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MI Taufiqiyah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A,B dan C. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VC sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,185 dan ttabel = 1,670. Karena thitung > ttabel dengan dk=62 dan tingkat signifikasi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan model discovery learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 62,93 dan rata-rata kemampuan literasi siswa menggunakan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 52,88.