Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020

Main Author: Qona’ah, Dyna Safira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/1/1503096092_Dyna%20Safira%20Q_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dyna%20Safira.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/
ctrlnum 14343
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/</relation><title>Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020</title><creator>Qona&#x2019;ah, Dyna Safira</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><description>Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MI Taufiqiyah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A,B dan C. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VC sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan dokumentasi.&#xD; Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,185 dan ttabel = 1,670. Karena thitung &gt; ttabel dengan dk=62 dan tingkat signifikasi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan model discovery learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 62,93 dan rata-rata kemampuan literasi siswa menggunakan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 52,88.</description><date>2020-03-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_nd_4</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/1/1503096092_Dyna%20Safira%20Q_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dyna%20Safira.pdf</identifier><identifier> Qona&#x2019;ah, Dyna Safira (2020) Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO. </identifier><recordID>14343</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Qona’ah, Dyna Safira
title Pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang 2019/ 2020
publishDate 2020
isbn 9781503096097
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/1/1503096092_Dyna%20Safira%20Q_Lengkap%20Tugas%20Akhir%20-%20Dyna%20Safira.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14343/
contents Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning berorientasi HOTS terhadap kemampuan literasi matematika pada pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V MI Taufiqiyah Semarang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di MI Taufiqiyah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A,B dan C. Sedangkan sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VC sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan dokumentasi. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 3,185 dan ttabel = 1,670. Karena thitung > ttabel dengan dk=62 dan tingkat signifikasi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa dengan model discovery learning lebih tinggi dari rata-rata kemampuan literasi matematika dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata dengan model pembelajaran discovery learning (kelas eksperimen) sebesar 62,93 dan rata-rata kemampuan literasi siswa menggunakan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 52,88.
id IOS2754.14343
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:56Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:23Z
recordtype dc
_version_ 1765821662160224256
score 17.13294