Daftar Isi:
  • Periklanan yang dilakukan BRI syari’ah dalam menawarkan produk tabungan yang memiliki keunggulan faedah (fasilitas serba mudah) yakni setiap pembukaan rekening baru saldo awal hanya Rp 50.000, gratis biaya administrasi bulanan dan kartu ATM diharapkan dapat meningkatkan jumlah nasabah. Dengan menonjolkan keunggulan produk tersebut dalam iklan diharapkan dapat mempengaruhi persepsi, sikap dan perilaku nasabah dan pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan nasabah untuk menabung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor iklan islami yang antara lain adalah kebenaran dan kejujuran, keakuratan informasi, keadilan dan kewajaran, peran perempuan, apresiasi keragaman ras manusia terhadap keputusan menabung nasabah BRI syari’ah secara parsial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (koesioner) dan metode dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 100 responden, tekhnik pengambilan sample dengan accidential sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan jawaban responden terhadap angket yang dibagikan peneliti kepada nasabah BRI syari’ah yang kebetulan peneliti temui pada saat riset apabila dianggap sesuai di BRI syari’ah Cabang Semarang. Metode analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t), sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS 17 for Windows. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh model regresi linier sederhana Y = 7,738 + 0,513X. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variable iklan islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung nasabah. Berdasarakan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 20,1%, sedang yang 79,9 % dijelaskan oleh variabel lain yang dalam hal ini tidak menjadi bahan penelitian penulis.