Video Instagram sebagai media dakwah studi akun @shiftmedia.id

Main Author: Riyadi, Muhammad Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi Akun @Shiftmedia.Id)”. Instagram memiliki kekuatan untuk penyebaran informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan- ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk menyebar dengan cara satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk berdakwah. Peluang itulah yang dimanfaatkan akun instagram @shiftmedia.id, yang dikemas dengan kreatif sehingga menarik anak-anak muda hingga mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram dengan rumusan masalah “Bagaimana akun @shiftmedia.id memanfaatkan video instagram sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan video instagram yang diterapkan Ust. Hanan Attaki di media sosial menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah Kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis dan teoritis tentang melalui fitur video instagram kualitatif dengan analisis menggunakan teknik Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta pengujian data yang digunakan yaitu langsung dengan data sumber data berupa instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa instgagram @shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga strategi yaitu identifikasi masalah, analisis khalayak, menetapkan tujuan, program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun terorganisir dan instagram agar mendapatkan mad anak muda