Video Instagram sebagai media dakwah studi akun @shiftmedia.id

Main Author: Riyadi, Muhammad Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/
ctrlnum 13022
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/</relation><title>Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id</title><creator>Riyadi, Muhammad Wahyu</creator><subject>006 Special computer methods</subject><subject>297.74 Dakwah</subject><description>Penelitian ini berjudul &#x201C;Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi &#xD; &#xD; Akun &#xD; &#xD; @Shiftmedia.Id)&#x201D;. &#xD; &#xD; Instagram &#xD; &#xD; memiliki &#xD; &#xD; kekuatan &#xD; &#xD; untuk &#xD; &#xD; penyebaran &#xD; &#xD; informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan- &#xD; &#xD; ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk &#xD; &#xD; menyebar dengan cara &#xD; &#xD; satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk &#xD; &#xD; berdakwah. &#xD; &#xD; Peluang &#xD; &#xD; itulah &#xD; &#xD; yang &#xD; &#xD; dimanfaatkan &#xD; &#xD; akun &#xD; &#xD; instagram &#xD; &#xD; @shiftmedia.id, &#xD; &#xD; yang &#xD; &#xD; dikemas &#xD; &#xD; dengan &#xD; &#xD; kreatif &#xD; &#xD; sehingga &#xD; &#xD; menarik anak-anak &#xD; &#xD; muda &#xD; &#xD; hingga &#xD; &#xD; mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan &#xD; &#xD; tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram &#xD; &#xD; dengan rumusan masalah &#x201C;Bagaimana &#xD; &#xD; akun &#xD; &#xD; @shiftmedia.id memanfaatkan &#xD; &#xD; video instagram sebagai media dakwah?&#x201D;. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu &#xD; &#xD; untuk mengetahui bagaimana cara &#xD; &#xD; pemanfaatan video instagram yang diterapkan &#xD; &#xD; Ust. Hanan Attaki di media sosial &#xD; &#xD; menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah &#xD; &#xD; Kegunaannya &#xD; &#xD; untuk &#xD; &#xD; memberikan &#xD; &#xD; informasi &#xD; &#xD; kajian &#xD; &#xD; praktis &#xD; &#xD; dan &#xD; &#xD; teoritis &#xD; &#xD; tentang &#xD; &#xD; melalui fitur video instagram &#xD; &#xD; kualitatif dengan analisis menggunakan teknik &#xD; &#xD; Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: &#xD; &#xD; data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta &#xD; &#xD; pengujian &#xD; &#xD; data yang digunakan yaitu &#xD; &#xD; langsung dengan data sumber data berupa &#xD; &#xD; instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video. &#xD; &#xD; &#xD; Hasil &#xD; &#xD; &#xD; temuan &#xD; &#xD; &#xD; dari &#xD; &#xD; &#xD; penelitian &#xD; &#xD; &#xD; ini &#xD; &#xD; &#xD; menjelaskan &#xD; &#xD; &#xD; bahwa &#xD; &#xD; &#xD; instgagram &#xD; &#xD; @shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan &#xD; &#xD; berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari &#xD; &#xD; dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur &#xD; &#xD; vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah &#xD; &#xD; tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video &#xD; &#xD; instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga &#xD; &#xD; strategi &#xD; &#xD; yaitu &#xD; &#xD; identifikasi &#xD; &#xD; masalah, &#xD; &#xD; analisis &#xD; &#xD; khalayak, &#xD; &#xD; menetapkan &#xD; &#xD; tujuan, &#xD; &#xD; program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan &#xD; &#xD; dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta &#xD; &#xD; temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun &#xD; &#xD; terorganisir dan &#xD; &#xD; instagram agar mendapatkan mad &#xD; &#xD; anak muda</description><date>2020-03-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf</identifier><identifier> Riyadi, Muhammad Wahyu (2020) Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>13022</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Riyadi, Muhammad Wahyu
title Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id
title_sub studi akun @shiftmedia.id
publishDate 2020
isbn 9781501026133
topic 006 Special computer methods
297.74 Dakwah
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/
contents Penelitian ini berjudul “Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi Akun @Shiftmedia.Id)”. Instagram memiliki kekuatan untuk penyebaran informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan- ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk menyebar dengan cara satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk berdakwah. Peluang itulah yang dimanfaatkan akun instagram @shiftmedia.id, yang dikemas dengan kreatif sehingga menarik anak-anak muda hingga mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram dengan rumusan masalah “Bagaimana akun @shiftmedia.id memanfaatkan video instagram sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara pemanfaatan video instagram yang diterapkan Ust. Hanan Attaki di media sosial menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah Kegunaannya untuk memberikan informasi kajian praktis dan teoritis tentang melalui fitur video instagram kualitatif dengan analisis menggunakan teknik Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta pengujian data yang digunakan yaitu langsung dengan data sumber data berupa instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video. Hasil temuan dari penelitian ini menjelaskan bahwa instgagram @shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga strategi yaitu identifikasi masalah, analisis khalayak, menetapkan tujuan, program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun terorganisir dan instagram agar mendapatkan mad anak muda
id IOS2754.13022
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:36Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:06Z
recordtype dc
_version_ 1765821655508058112
score 17.13294