Video Instagram sebagai media dakwah studi akun @shiftmedia.id
Main Author: | Riyadi, Muhammad Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/ |
ctrlnum |
13022 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/</relation><title>Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id</title><creator>Riyadi, Muhammad Wahyu</creator><subject>006 Special computer methods</subject><subject>297.74 Dakwah</subject><description>Penelitian ini berjudul “Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi 

Akun 

@Shiftmedia.Id)”. 

Instagram 

memiliki 

kekuatan 

untuk 

penyebaran 

informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan- 

ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk 

menyebar dengan cara 

satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk 

berdakwah. 

Peluang 

itulah 

yang 

dimanfaatkan 

akun 

instagram 

@shiftmedia.id, 

yang 

dikemas 

dengan 

kreatif 

sehingga 

menarik anak-anak 

muda 

hingga 

mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan 

tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram 

dengan rumusan masalah “Bagaimana 

akun 

@shiftmedia.id memanfaatkan 

video instagram sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 

untuk mengetahui bagaimana cara 

pemanfaatan video instagram yang diterapkan 

Ust. Hanan Attaki di media sosial 

menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah 

Kegunaannya 

untuk 

memberikan 

informasi 

kajian 

praktis 

dan 

teoritis 

tentang 

melalui fitur video instagram 

kualitatif dengan analisis menggunakan teknik 

Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen: 

data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta 

pengujian 

data yang digunakan yaitu 

langsung dengan data sumber data berupa 

instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video. 


Hasil 


temuan 


dari 


penelitian 


ini 


menjelaskan 


bahwa 


instgagram 

@shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan 

berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari 

dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur 

vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah 

tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video 

instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga 

strategi 

yaitu 

identifikasi 

masalah, 

analisis 

khalayak, 

menetapkan 

tujuan, 

program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan 

dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta 

temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun 

terorganisir dan 

instagram agar mendapatkan mad 

anak muda</description><date>2020-03-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf</identifier><identifier> Riyadi, Muhammad Wahyu (2020) Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>13022</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Riyadi, Muhammad Wahyu |
title |
Video Instagram sebagai media dakwah : studi akun @shiftmedia.id |
title_sub |
studi akun @shiftmedia.id |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781501026133 |
topic |
006 Special computer methods 297.74 Dakwah |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/1/SKRIPSI_1501026138_MUHAMMAD_WAHYU_RIYADI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13022/ |
contents |
Penelitian ini berjudul “Video Instagram Sebagai Media Dakwah (Studi
Akun
@Shiftmedia.Id)”.
Instagram
memiliki
kekuatan
untuk
penyebaran
informasi yang digandrungi anak-anak muda. Kemudahan-
ditawarkan instagram memungkinkan pesan dakwah berupa foto serta video untuk
menyebar dengan cara
satu alternatif berdakwah ditengah munculnya berbagai piihan media untuk
berdakwah.
Peluang
itulah
yang
dimanfaatkan
akun
instagram
@shiftmedia.id,
yang
dikemas
dengan
kreatif
sehingga
menarik anak-anak
muda
hingga
mendapatkan sejumlah 1,9 juta pengikut. Sehubungan
tertarik untuk melakukan penelitian terhadap akun instagram
dengan rumusan masalah “Bagaimana
akun
@shiftmedia.id memanfaatkan
video instagram sebagai media dakwah?”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui bagaimana cara
pemanfaatan video instagram yang diterapkan
Ust. Hanan Attaki di media sosial
menyampaikan dakwah. Ust. Hanan Attaki adalah
Kegunaannya
untuk
memberikan
informasi
kajian
praktis
dan
teoritis
tentang
melalui fitur video instagram
kualitatif dengan analisis menggunakan teknik
Huberman. Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen:
data (data reduction), penyadjian data (data display), dan penarikan serta
pengujian
data yang digunakan yaitu
langsung dengan data sumber data berupa
instagram @shiftmedia.id yang berjumlah 272 video.
Hasil
temuan
dari
penelitian
ini
menjelaskan
bahwa
instgagram
@shiftmedia.id menggunakan fitur vidgram untuk mengunggah video dengan
berbagai jenis video diantaranya video poster, video cuplikan kajian, video safari
dakwah, dan sebagainya sesuai dengan program komunitas shift. Penggunaan fitur
vidgram dengan model video instagram tersebut menjadi pilihan media dakwah
tetap pada akun @shiftmedia.id sejak 2015 silam. Dalam memanfaatkan video
instagram sebagai media dakwah, akun @shiftmedia.id juga
strategi
yaitu
identifikasi
masalah,
analisis
khalayak,
menetapkan
tujuan,
program, serta monitoring dan evaluasi. Selain itu fokus pengembangan pesan
dakwah adalah pada materi aqidah, iman, serta
temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa akun
terorganisir dan
instagram agar mendapatkan mad
anak muda |
id |
IOS2754.13022 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:36Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821655508058112 |
score |
17.13294 |