Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI

Main Author: Pujiati, Estri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut.