Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI
Main Author: | Pujiati, Estri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/ |
ctrlnum |
12828 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/</relation><title>Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI</title><creator>Pujiati, Estri</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa. 
Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut.</description><date>2020-07-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf</identifier><identifier> Pujiati, Estri (2020) Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12828</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Pujiati, Estri |
title |
Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI |
publishDate |
2020 |
isbn |
9781603096027 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar 512 Algebra and number theory |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut. |
id |
IOS2754.12828 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:33Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821654398664704 |
score |
17.13294 |