Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI

Main Author: Pujiati, Estri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/
ctrlnum 12828
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/</relation><title>Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI</title><creator>Pujiati, Estri</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut.</description><date>2020-07-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf</identifier><identifier> Pujiati, Estri (2020) Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12828</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pujiati, Estri
title Pengembangan bahan ajar materi perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan teori APPOS (aksi, proses, objek, skema) pada kelas V SD/MI
publishDate 2020
isbn 9781603096027
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
512 Algebra and number theory
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/1/Skripsi_1603096029_Estri%20Pujiati.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12828/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang disusun berdasarkan teori APOS masih terbatas, bahan ajar belum dikembangkan guru, kurangnya pemahaman konsep sehingga siswa belum belajar secara mandiri. Peelitian ini menerapkan teori APOS untuk mengembangkan modul materi perkalian dan pembagian pecahan di SD/MI. Teori APOS memfaslitasi siswa mengkonstruk kerangka kerja dari aksi yang berupa rincian materi, proses dan objek unuk memantapkan konsep serta mengorganisasi ke skema guna memecahkan masalah terkait materi perkalian dan pembagian pecahan. kerangka kerja dan konsep yang disusun dengan jelas memudahkan siswa untuk belajar dan mendorong munculnya kemandirian siswa. Hasil penelitian ini menunjukan kualitas modul oleh validator ahli materi tergolong sangat layak dengan presentase 85% sedangkan penilaian kualitas modul oleh validator ahli media tergolong pada kategori sangat layak dengan presentase 91%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modul yang disusun berdasarkan teori APOS materi perkalian dan pembagian pecahan SD/MI layak digunakan dan diuji lebih lanjut.
id IOS2754.12828
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:33Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:04Z
recordtype dc
_version_ 1765821654398664704
score 17.13294