Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Suryani, Ade Imas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/1/SKRIPSI_133511022_ADE%20IMAS%20SURYANI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/
Daftar Isi:
  • Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question ̧Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes. Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question ̧Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes. Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.