Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Suryani, Ade Imas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/1/SKRIPSI_133511022_ADE%20IMAS%20SURYANI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/
ctrlnum 12817
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/</relation><title>Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020</title><creator>Suryani, Ade Imas</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question&#xB8;Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020.&#xD; Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes.&#xD; Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483&gt;t_((1-&#x3B1;))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh &#x3016;N-Gain&#x3017;_eksperimen=0,467&gt;&#x3016;N-Gain&#x3017;_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.&#xD; Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question&#xB8;Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020.&#xD; Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes.&#xD; Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483&gt;t_((1-&#x3B1;))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh &#x3016;N-Gain&#x3017;_eksperimen=0,467&gt;&#x3016;N-Gain&#x3017;_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.</description><date>2020-03-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/1/SKRIPSI_133511022_ADE%20IMAS%20SURYANI.pdf</identifier><identifier> Suryani, Ade Imas (2020) Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12817</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Suryani, Ade Imas
title Efektivitas metode pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020
publishDate 2020
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
512 Algebra and number theory
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/1/SKRIPSI_133511022_ADE%20IMAS%20SURYANI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12817/
contents Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question ̧Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes. Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan pembelajaran di MTs NU Ngluwar Magelang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada keengganan siswa untuk berlatih mengerjakan soal terutama dalam bentuk soal cerita. Hal tersebut menyebabkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran Survey, Question ̧Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian ini adalah desain true eksperimen design dengan rancang pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi dalam empat kelas. Setelah dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata, selanjutnya dipilih sampel dengan teknik cluster sampling. Kemudian terpilih kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes. Berdasarkan analisis tahap akhir, diperoleh hasil bahwa (1) rata-rata kemampuan literasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji t, diperoleh t=2,483>t_((1-α))=1,672, serta (2) peningkatan hasil dari pretest ke postest kemampuan literasi matematis siswa dengan metode SQ3R lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan uji N-Gain, diperoleh 〖N-Gain〗_eksperimen=0,467>〖N-Gain〗_kontrol=0,199. Berdasarkan dua kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa kelas VII MTs NU Ngluwar Magelang pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel tahun ajaran 2019/2020.
id IOS2754.12817
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:33Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:04Z
recordtype dc
_version_ 1765821654359867392
score 17.13294