Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Wahyuningtyas, Isnin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/1/SKRIPSI_133511005_ISNIN%20WAHYUNINGTYAS%20.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe hots pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII-G yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes awal atau pre-test dan tes akhir atau post test. Uji hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji t-test dari data nilai pre-test dan post test yang diberikan pada kelas sampel. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan taraf signifikan α = 5% dan db = 31-1 = 30 diperoleh nilai rata-rata pre-test 51,91 dan post test 71,05. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh