Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020
Main Author: | Wahyuningtyas, Isnin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/1/SKRIPSI_133511005_ISNIN%20WAHYUNINGTYAS%20.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/ |
ctrlnum |
12812 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/</relation><title>Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020</title><creator>Wahyuningtyas, Isnin</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>516 Geometry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe hots pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII-G yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes awal atau pre-test dan tes akhir atau post test. Uji hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji t-test dari data nilai pre-test dan post test yang diberikan pada kelas sampel. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan taraf signifikan α = 5% dan db = 31-1 = 30 diperoleh nilai rata-rata pre-test 51,91 dan post test 71,05. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh</description><date>2020-07-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/1/SKRIPSI_133511005_ISNIN%20WAHYUNINGTYAS%20.pdf</identifier><identifier> Wahyuningtyas, Isnin (2020) Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12812</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wahyuningtyas, Isnin |
title |
Efektivitas model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS (high order thinking skill) pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP N 1 Banjarejo tahun ajaran 2019/2020 |
publishDate |
2020 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 516 Geometry |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/1/SKRIPSI_133511005_ISNIN%20WAHYUNINGTYAS%20.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12812/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem posing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika tipe hots pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Design penelitian yang digunakan adalah one grup pre-test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarejo Blora, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII-G yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes awal atau pre-test dan tes akhir atau post test. Uji hipotesis yang digunakan peneliti adalah uji t-test dari data nilai pre-test dan post test yang diberikan pada kelas sampel. Berdasarkan perhitungan uji t-test dengan taraf signifikan α = 5% dan db = 31-1 = 30 diperoleh nilai rata-rata pre-test 51,91 dan post test 71,05. Berdasarkan nilai tersebut diperoleh |
id |
IOS2754.12812 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:32Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821654339944448 |
score |
17.13294 |