Peran guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo Semarang tahun pelajaran 2019/2020
Main Author: | Zulfa, Khumaerotu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12533/1/skripsi_1503106057_Khumareotu%20Zulfa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12533/ |
Daftar Isi:
- Sekolah adalah institusi yang memiliki mandat untuk menyelenggarakan prsoses pendidikan dan pembelajaran secara sistematis dan berkesinambungan. Para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah diharapkan menyelenggarakan pendididkan dan pembelajaran yang mampu memfasilitasi anak didik berperilaku terpelajar. Perilaku terpelajar ditampilkan dalam bentuk pencapaian prestasi akademik, menunjukkan perilaku yang beretika dan berkhak mulia, memiliki motivasi belajar yang tinggi. Sekolah diharapkan menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa sekolah yang belum memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa-siswinya terbukti masih banyak kasus kekerasan yang lahir di lingkungan sekolah. Kepala sekolah memiliki peranan dalam membuat tatanan dan kebijakan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang ramah anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data di peroleh dari sumber primer berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi dan sumber sekunder berupa wawancara, buku, jurnal, dan literatur lainnya sebagai pelengkap data primer. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian, ada tiga peran penting yang dilakukan oleh guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak di KB Annur Tugurejo Semarang. Peran guru tersebut meliputi: (1) peran guru sebagai fasilitator, (2) peran guru sebagai pembimbing, dan (3) peran guru sebagai motivator. Tiga peran tersebut sudah mewakili dari peran guru dalam mewujudkan sekolah ramah anak.