Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019

Main Author: Herinovita, Alyasyarah Nici Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/
Daftar Isi:
  • Peran orang tua dalam mendidik anak memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan anak, ketika orang tua mampu memberikan stimulus/rangsangan kepada anak dengan baik maka anak akan berkembang dengan baik pula, termasuk perkembangan kognitifnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Bintang Kecil Semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wali murid, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran orang tua yang dilakukan di TK Bintang Kecil Semarang sebagai partner guru, penjaga, teman dan fasilitator ini sudah cukup baik, sehingga perkembangan kognitif pada anaknya dapat berkembang dengan baik pula. Orang tua disini terlihat sangat memperhatikan sekali bagaimana perkembangan setiap anaknya, mereka berusaha untuk berperan dengan baik dan memberikan semua yang dibutuhkan anaknya dalam dunia pendidikan agar kelak anak-anak mereka dapat menjadi manusia yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.