Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019
Main Author: | Herinovita, Alyasyarah Nici Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/ |
ctrlnum |
12529 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/</relation><title>Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019</title><creator>Herinovita, Alyasyarah Nici Putri</creator><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Peran orang tua dalam mendidik anak memiliki pengaruh yang
besar terhadap perkembangan anak, ketika orang tua mampu
memberikan stimulus/rangsangan kepada anak dengan baik maka
anak akan berkembang dengan baik pula, termasuk perkembangan
kognitifnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana
peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun
di TK Bintang Kecil Semarang tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wali
murid, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data
dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran orang tua
yang dilakukan di TK Bintang Kecil Semarang sebagai partner guru,
penjaga, teman dan fasilitator ini sudah cukup baik, sehingga
perkembangan kognitif pada anaknya dapat berkembang dengan baik
pula. Orang tua disini terlihat sangat memperhatikan sekali bagaimana
perkembangan setiap anaknya, mereka berusaha untuk berperan
dengan baik dan memberikan semua yang dibutuhkan anaknya dalam
dunia pendidikan agar kelak anak-anak mereka dapat menjadi manusia
yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik serta berguna bagi
nusa, bangsa, dan agama.</description><date>2019-10-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf</identifier><identifier> Herinovita, Alyasyarah Nici Putri (2019) Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12529</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Herinovita, Alyasyarah Nici Putri |
title |
Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019 |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781503106055 |
topic |
372.2 Pendidikan dasar (Play gorup TK SD) |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/ |
contents |
Peran orang tua dalam mendidik anak memiliki pengaruh yang
besar terhadap perkembangan anak, ketika orang tua mampu
memberikan stimulus/rangsangan kepada anak dengan baik maka
anak akan berkembang dengan baik pula, termasuk perkembangan
kognitifnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana
peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun
di TK Bintang Kecil Semarang tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wali
murid, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data
dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran orang tua
yang dilakukan di TK Bintang Kecil Semarang sebagai partner guru,
penjaga, teman dan fasilitator ini sudah cukup baik, sehingga
perkembangan kognitif pada anaknya dapat berkembang dengan baik
pula. Orang tua disini terlihat sangat memperhatikan sekali bagaimana
perkembangan setiap anaknya, mereka berusaha untuk berperan
dengan baik dan memberikan semua yang dibutuhkan anaknya dalam
dunia pendidikan agar kelak anak-anak mereka dapat menjadi manusia
yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik serta berguna bagi
nusa, bangsa, dan agama. |
id |
IOS2754.12529 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2022-03-02T06:39:28Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:36:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821652987281408 |
score |
17.13294 |