Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019

Main Author: Herinovita, Alyasyarah Nici Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/
ctrlnum 12529
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/</relation><title>Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019</title><creator>Herinovita, Alyasyarah Nici Putri</creator><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Peran orang tua dalam mendidik anak memiliki pengaruh yang&#xD; besar terhadap perkembangan anak, ketika orang tua mampu&#xD; memberikan stimulus/rangsangan kepada anak dengan baik maka&#xD; anak akan berkembang dengan baik pula, termasuk perkembangan&#xD; kognitifnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana&#xD; peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun&#xD; di TK Bintang Kecil Semarang tahun ajaran 2018/2019.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.&#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,&#xD; dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wali&#xD; murid, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan&#xD; triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data&#xD; dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan&#xD; kesimpulan.&#xD; Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran orang tua&#xD; yang dilakukan di TK Bintang Kecil Semarang sebagai partner guru,&#xD; penjaga, teman dan fasilitator ini sudah cukup baik, sehingga&#xD; perkembangan kognitif pada anaknya dapat berkembang dengan baik&#xD; pula. Orang tua disini terlihat sangat memperhatikan sekali bagaimana&#xD; perkembangan setiap anaknya, mereka berusaha untuk berperan&#xD; dengan baik dan memberikan semua yang dibutuhkan anaknya dalam&#xD; dunia pendidikan agar kelak anak-anak mereka dapat menjadi manusia&#xD; yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik serta berguna bagi&#xD; nusa, bangsa, dan agama.</description><date>2019-10-15</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf</identifier><identifier> Herinovita, Alyasyarah Nici Putri (2019) Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12529</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Herinovita, Alyasyarah Nici Putri
title Peran orang tua dalam perkembangan kognitif anak usia 4-5 di TK Bintang Kecil Semarang Tahun 2018/2019
publishDate 2019
isbn 9781503106055
topic 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/1/skripsi_1503106050_Alyasyarah%20Nici%20Putri%20Herinovita.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12529/
contents Peran orang tua dalam mendidik anak memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan anak, ketika orang tua mampu memberikan stimulus/rangsangan kepada anak dengan baik maka anak akan berkembang dengan baik pula, termasuk perkembangan kognitifnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Bintang Kecil Semarang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wali murid, guru kelas. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Peran orang tua yang dilakukan di TK Bintang Kecil Semarang sebagai partner guru, penjaga, teman dan fasilitator ini sudah cukup baik, sehingga perkembangan kognitif pada anaknya dapat berkembang dengan baik pula. Orang tua disini terlihat sangat memperhatikan sekali bagaimana perkembangan setiap anaknya, mereka berusaha untuk berperan dengan baik dan memberikan semua yang dibutuhkan anaknya dalam dunia pendidikan agar kelak anak-anak mereka dapat menjadi manusia yang memiliki akhlaq dan budi pekerti yang baik serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.
id IOS2754.12529
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:00Z
recordtype dc
_version_ 1765821652987281408
score 17.13294