Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019
Main Author: | Najichah, Aina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/1/Skripsi_1503096084_Aina%20Najichah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kemampuan menghafal al-qur’an (juz ‘amma) dengan kecerdasan emosional. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menghafal al- Qur’an (Juz ‘Amma) tidak cenderung pada kemampuan kognitifnya saja, namun yang lebih unggul ialah cara siswa mengendalikan kecerdasan emosionalnya dengan baik. Hal ini terkait dengan kesulitan siswa dalam menghafal. Permasalahan yang sering terjadi terkait menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) yaitu ragu-ragu, mudah putus asa dan berpersepsi menghafal Juz ‘Amma itu sulit. Tumbuhnya sikap emosional mampu menciptakan energi yang kuat dalam menghafal al-Qur’an, sehingga siswa yang kecerdasan emosionalnya kuat mampu menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (2) Mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (3) Mengetahui adanya hubungan antara kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Cluster Sampling dengan sampel sebanyak 35 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Spearmen’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Data kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, rata-rata yang diperoleh adalah 12,80, median 13, modus 14, dan standard deviasi 1,677. Berdasarkan analisis ini, interval 12-15 sebanyak 27 siswa atau 77,1 % menunjukkan dalam kategori sedang. (2) Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas vii V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, Rata-rata yang diperoleh adalah 76,71, median 77, modus 80, dan standard deviasi 3,945. Berdasarkan analisis ini, interval 74-79 sebanyak 15 siswa atau 42,9 % menunjukkan dalam kategori sedang. (3) Berdasarkan analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,534 kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada N = 35 dan signifikansi 5% sebesar 0,334. Hasilnya rhitung (0,534) > rtabel (0,334) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2018/2019.