Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019

Main Author: Najichah, Aina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/1/Skripsi_1503096084_Aina%20Najichah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/
ctrlnum 12512
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/</relation><title>Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019</title><creator>Najichah, Aina</creator><subject>207 Missions and religious education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kemampuan&#xD; menghafal al-qur&#x2019;an (juz &#x2018;amma) dengan kecerdasan emosional. Latar&#xD; belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menghafal al-&#xD; Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) tidak cenderung pada kemampuan kognitifnya&#xD; saja, namun yang lebih unggul ialah cara siswa mengendalikan&#xD; kecerdasan emosionalnya dengan baik. Hal ini terkait dengan&#xD; kesulitan siswa dalam menghafal. Permasalahan yang sering terjadi&#xD; terkait menghafal al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) yaitu ragu-ragu, mudah&#xD; putus asa dan berpersepsi menghafal Juz &#x2018;Amma itu sulit. Tumbuhnya&#xD; sikap emosional mampu menciptakan energi yang kuat dalam&#xD; menghafal al-Qur&#x2019;an, sehingga siswa yang kecerdasan emosionalnya&#xD; kuat mampu menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk :&#xD; (1) Mengetahui kemampuan menghafal al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) siswa&#xD; kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (2) Mengetahui&#xD; kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1&#xD; Kendal. (3) Mengetahui adanya hubungan antara kemampuan&#xD; menghafal al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) dengan kecerdasan emosional&#xD; siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan&#xD; pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan&#xD; angket, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik&#xD; Cluster Sampling dengan sampel sebanyak 35 siswa. Data penelitian&#xD; yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Spearmen&#x2019;s Rho.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: (1) Data kemampuan&#xD; menghafal al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah&#xD; Negeri 1 Kendal, rata-rata yang diperoleh adalah 12,80, median 13,&#xD; modus 14, dan standard deviasi 1,677. Berdasarkan analisis ini,&#xD; interval 12-15 sebanyak 27 siswa atau 77,1 % menunjukkan dalam&#xD; kategori sedang. (2) Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas&#xD; vii&#xD; V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, Rata-rata yang diperoleh&#xD; adalah 76,71, median 77, modus 80, dan standard deviasi 3,945.&#xD; Berdasarkan analisis ini, interval 74-79 sebanyak 15 siswa atau 42,9&#xD; % menunjukkan dalam kategori sedang. (3) Berdasarkan analisis data&#xD; diperoleh rhitung sebesar 0,534 kemudian dikonsultasikan dengan nilai&#xD; rtabel pada N = 35 dan signifikansi 5% sebesar 0,334. Hasilnya rhitung&#xD; (0,534) &gt; rtabel (0,334) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan&#xD; yang signifikan antara variabel kemampuan menghafal al-Qur&#x2019;an (Juz&#xD; &#x2018;Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di&#xD; Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2018/2019.</description><date>2019-10-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/1/Skripsi_1503096084_Aina%20Najichah.pdf</identifier><identifier> Najichah, Aina (2019) Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur&#x2019;an (Juz &#x2018;Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>12512</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Najichah, Aina
title Hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal Tahun 2018/2019
publishDate 2019
isbn 9781503096080
topic 207 Missions and religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/1/Skripsi_1503096084_Aina%20Najichah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12512/
contents Skripsi ini membahas tentang hubungan antara kemampuan menghafal al-qur’an (juz ‘amma) dengan kecerdasan emosional. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menghafal al- Qur’an (Juz ‘Amma) tidak cenderung pada kemampuan kognitifnya saja, namun yang lebih unggul ialah cara siswa mengendalikan kecerdasan emosionalnya dengan baik. Hal ini terkait dengan kesulitan siswa dalam menghafal. Permasalahan yang sering terjadi terkait menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) yaitu ragu-ragu, mudah putus asa dan berpersepsi menghafal Juz ‘Amma itu sulit. Tumbuhnya sikap emosional mampu menciptakan energi yang kuat dalam menghafal al-Qur’an, sehingga siswa yang kecerdasan emosionalnya kuat mampu menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (2) Mengetahui kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. (3) Mengetahui adanya hubungan antara kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Cluster Sampling dengan sampel sebanyak 35 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Spearmen’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Data kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, rata-rata yang diperoleh adalah 12,80, median 13, modus 14, dan standard deviasi 1,677. Berdasarkan analisis ini, interval 12-15 sebanyak 27 siswa atau 77,1 % menunjukkan dalam kategori sedang. (2) Tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas vii V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal, Rata-rata yang diperoleh adalah 76,71, median 77, modus 80, dan standard deviasi 3,945. Berdasarkan analisis ini, interval 74-79 sebanyak 15 siswa atau 42,9 % menunjukkan dalam kategori sedang. (3) Berdasarkan analisis data diperoleh rhitung sebesar 0,534 kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada N = 35 dan signifikansi 5% sebesar 0,334. Hasilnya rhitung (0,534) > rtabel (0,334) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kemampuan menghafal al-Qur’an (Juz ‘Amma) dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kendal tahun ajaran 2018/2019.
id IOS2754.12512
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2022-03-02T06:39:28Z
last_indexed 2022-09-12T06:36:00Z
recordtype dc
_version_ 1765821652937998336
score 17.13294