Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam

Main Author: Eko Putri, Intan Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/1/Intan_Tesis_Sinopsis.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/2/Intan_Tesis_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/
ctrlnum 118
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/</relation><title>Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam</title><creator>Eko Putri, Intan Ayu</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>370 Education</subject><description>Pendidikan yang menjadi cita-cita Ki Hajar Dewantara adalah membentuk&#xD; anak didik menjadi manusia yang merdeka lahir dan batin. Konsep pendidikan&#xD; menurut Ki Hajar Dewantara ini sesuai dengan konsep pendidikan humanistik.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanistik Ki Hajar&#xD; Dewantara, untuk mengetahui pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam&#xD; pandangan Islam, dan untuk mengetahui kontribusi pendidikan humanistik Ki&#xD; Hajar Dewantara terhadap pendidikan nasional.&#xD; Penelitian ini merupakan library research dengan menggunakan&#xD; pendekatan historis. Sumber data yang digunakan berupa sumber primer, meliputi&#xD; karya yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara sendiri, dan sumber sekunder,&#xD; meliputi karya tentang Ki Hajar Dewantara yang ditulis orang lain. Dalam&#xD; menganalisis data yang telah terkumpul, peneliti akan menggunakan content&#xD; analisys (analisis kandungan pemikiran).&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran humanistik Ki Hajar&#xD; Dewantara dalam pendidikan, yaitu dengan memposisikan pendidikan sebagai&#xD; penuntun. Pemikiran pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dapat dilihat dari&#xD; pandangan Ki Hajar Dewantara tentang konsep manusia dan pendidikan&#xD; Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara menurut pandangan Islam&#xD; antara lain meliputi: a)hakekat manusia yang memiliki kodrat alam yang&#xD; merupakan potensi dasar manusia yang disejajarkan dengan fitrah manusia; b)&#xD; Tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara jika dilihat dalam pandangan Islam adalah&#xD; menjadi manusia yang merdeka dan mandiri sehingga menjadi pribadi yang&#xD; membuatnya menjadi insan kamil dan mampu memberi konstribusi kepada&#xD; masyarakatnya; c) konsep Tut Wuri Handayani yang merupakan bagian dari&#xD; metode among dalam Islam sama dengan metode keteladanan, metode kisah,&#xD; metode nasehat, dan metode targhib dan tarhid; d) Pendidikan budi pekerti Ki&#xD; Hajar Dewantara dalam Islam sama dengan pendidikan akhlak sehingga seseorang&#xD; menjadi manusia yang dapat menghormati dan menghargai manusia lainnya dan&#xD; dapat tercipta pendidikan humanistik.&#xD; Kontribusi pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap&#xD; pendidikan nasional antara lain sebagai peletak dasar pendidikan nasional,&#xD; pencetus konsep pendidikan demokrasi dalam pendidikan yang semuanya&#xD; terformulasikan dalam slogan pendidikan nasional Tut Wuri Handayani.</description><date>2012-07-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/1/Intan_Tesis_Sinopsis.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/2/Intan_Tesis_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Eko Putri, Intan Ayu (2012) Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam. Masters thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>118</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Eko Putri, Intan Ayu
title Konsep Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam Pandangan Islam
publishDate 2012
topic 297.77 Islamic religious education
370 Education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/1/Intan_Tesis_Sinopsis.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/2/Intan_Tesis_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/118/
contents Pendidikan yang menjadi cita-cita Ki Hajar Dewantara adalah membentuk anak didik menjadi manusia yang merdeka lahir dan batin. Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara ini sesuai dengan konsep pendidikan humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara, untuk mengetahui pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dalam pandangan Islam, dan untuk mengetahui kontribusi pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan library research dengan menggunakan pendekatan historis. Sumber data yang digunakan berupa sumber primer, meliputi karya yang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara sendiri, dan sumber sekunder, meliputi karya tentang Ki Hajar Dewantara yang ditulis orang lain. Dalam menganalisis data yang telah terkumpul, peneliti akan menggunakan content analisys (analisis kandungan pemikiran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran humanistik Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan, yaitu dengan memposisikan pendidikan sebagai penuntun. Pemikiran pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara dapat dilihat dari pandangan Ki Hajar Dewantara tentang konsep manusia dan pendidikan Pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara menurut pandangan Islam antara lain meliputi: a)hakekat manusia yang memiliki kodrat alam yang merupakan potensi dasar manusia yang disejajarkan dengan fitrah manusia; b) Tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantara jika dilihat dalam pandangan Islam adalah menjadi manusia yang merdeka dan mandiri sehingga menjadi pribadi yang membuatnya menjadi insan kamil dan mampu memberi konstribusi kepada masyarakatnya; c) konsep Tut Wuri Handayani yang merupakan bagian dari metode among dalam Islam sama dengan metode keteladanan, metode kisah, metode nasehat, dan metode targhib dan tarhid; d) Pendidikan budi pekerti Ki Hajar Dewantara dalam Islam sama dengan pendidikan akhlak sehingga seseorang menjadi manusia yang dapat menghormati dan menghargai manusia lainnya dan dapat tercipta pendidikan humanistik. Kontribusi pendidikan humanistik Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan nasional antara lain sebagai peletak dasar pendidikan nasional, pencetus konsep pendidikan demokrasi dalam pendidikan yang semuanya terformulasikan dalam slogan pendidikan nasional Tut Wuri Handayani.
id IOS2754.118
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:46:17Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:18Z
recordtype dc
_version_ 1765821463830462464
score 17.538404