Implementasi cooperative learning dengan metode bertukar pasangan dalam kelompok diskusi serta pemanfaatan alat peraga pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII A semester genap MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun pelajaran 2007/2008
Main Author: | Luthfah, Farida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11571/1/3104304_fullpdf.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11571/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktifitas belajar peserta didik, (2) mengetahui prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas VIII A MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak melalui cooperative learning dengan metode bertukar pasangan dalam kelompok diskusi serta pemanfaatan alat peraga pada materi bangun runag sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII A MTs Miftahussalam 1 Wonosalam Demak dengan jumlah peserta didik sebanyak 48 anak. Proses penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Pelaksanaan siklus I sudah direncanakan sebelumnya. Pelaksanaan siklus II merupakan hasil refleksi dari siklus I dan pelaksanaan siklus III adalah hasil refleksi dari siklus II. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan metode observasi secara langsung pada saat pembelajaran dan pengambilan nilai pada tiap akhir siklus. Pengolahan data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengolahan data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian, hasil penelitian siklus I ketuntasan belajar mencapai 75 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,42, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,66 % dengan rata-rata kelas sebesar 73,33, sedangkan pada siklus III ketuntasan belajar telah mencapai 100 % dengan nilai rata-rata kelas sebesar 89,98. dari hasil penelitian yang diperoleh berarti terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan 16,66 % dan rata-rata sebesar 5,91, sedangkan peningkatan dari siklus II ke siklus III dengan ketuntasan 8,34 % dan rata-rata sebesar 16,65. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.