Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama

Main Author: Muslih, Muslih
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/1/Pendidikan_Islam_dan_Problem_Dikotomisasi_antara_Sains_dan_Agama.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/
ctrlnum 11279
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/</relation><title>Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama</title><creator>Muslih, Muslih</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pengupayaan memanusiakan manusia. Dalam Islam, manusia dijadikan sebagai &#x201C;khalifah&#x201D; atau wakil Tuha di atas bumi ini untuk mengatur pelestarian dan pengembangan alam semesta di atas tata karma peradaban yang ditetapkan Allah dalam al-Qur&#x2019;an sebagai sunnatullah. Peradaban itu sendiri harus bertumpu pada kebenaran dan keadilan, yang berlawanan dengan kebatilan sehingga tidak mungkin terjadi eksploitasi manusia yang satu terhadap manusia yang lain. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa Pendidikan Islam adalah pendidikan yang punya karakteristik dan sifat keislaman, yakni pendidikan yang didirikan dan dikembangkan di atas dasar ajaran Islam. Hal ini mengandung makna bahwa seluruh pemikiran dan aktivitas pendidikan Islam tidak mungkin lepas dari ketentuan bahwa semua pengembangan dan aktivitias pendidikan Islam haruslan benar-benar merupakan realisasi atau pengembangan atau pengembangan dari ajaran Islam itu sendiri.</description><date>2012-10-29</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/1/Pendidikan_Islam_dan_Problem_Dikotomisasi_antara_Sains_dan_Agama.pdf</identifier><identifier> Muslih, Muslih (2012) Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama. In: Seminar dan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) &#x201C;Pendidikan nondikotomis: korelasi pendidikan agama dan sains&#x201D;, 29 Oktober 2012, Semarang. (Unpublished) </identifier><recordID>11279</recordID></dc>
language eng
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muslih, Muslih
title Pendidikan Islam dan problem dikotomisasi antara sains dan agama
publishDate 2012
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/1/Pendidikan_Islam_dan_Problem_Dikotomisasi_antara_Sains_dan_Agama.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11279/
contents Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pengupayaan memanusiakan manusia. Dalam Islam, manusia dijadikan sebagai “khalifah” atau wakil Tuha di atas bumi ini untuk mengatur pelestarian dan pengembangan alam semesta di atas tata karma peradaban yang ditetapkan Allah dalam al-Qur’an sebagai sunnatullah. Peradaban itu sendiri harus bertumpu pada kebenaran dan keadilan, yang berlawanan dengan kebatilan sehingga tidak mungkin terjadi eksploitasi manusia yang satu terhadap manusia yang lain. Secara sederhana bisa dikatakan bahwa Pendidikan Islam adalah pendidikan yang punya karakteristik dan sifat keislaman, yakni pendidikan yang didirikan dan dikembangkan di atas dasar ajaran Islam. Hal ini mengandung makna bahwa seluruh pemikiran dan aktivitas pendidikan Islam tidak mungkin lepas dari ketentuan bahwa semua pengembangan dan aktivitias pendidikan Islam haruslan benar-benar merupakan realisasi atau pengembangan atau pengembangan dari ajaran Islam itu sendiri.
id IOS2754.11279
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-07-03T07:41:50Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:42Z
recordtype dc
_version_ 1765821645215236096
score 17.538404