Upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang

Main Author: Fidiyanti, Eva Mila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11184/1/NIM1503016110.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11184/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa dengan menggunakan metode Yanbu’a di SMK N 3 Semarang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap guru dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al Qur’an pada peserta didik di SMK N 3 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Di mana metode pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Temuan dari hasil penelitian ini yaitu terkait dengan upaya guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa di SMK N 3 Semarang dengan cara melalui dorongan serta bimbingan khusus, di mana bimbingan khusus ini dilakukan setiap hari senin setelah pulang sekolah. Kegiatan tersebut antara lain yaitu belajar membaca al Qur’an dengan cara simak menyimak, membacakan potongan ayat al Qur’an, mengetahui tanda baca al Qur’an, membaca potongan ayat menjadi satu kalimat. Adapun faktor pendukung yang digunakan guru PAI dalam meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an siswa yaitu dengan adanya suatu kebijakan dari kepala sekolah yang cukup mendukung, serta guru PAI di mana memiliki latar belakang khusus pendidikan Islam, motivasi yang tinggi, serta sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya tenaga pengajar PAI, keterbatasan waktu, serta kurangnya perhatian dari orang tua dalam hal belajar membaca al Qur’an.