Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Amarullah, Muhammad Ajib
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/1/SKRIPSI%20AJIB%20FIX%20MUNAQOSAH%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/
ctrlnum 10383
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/</relation><title>Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018</title><creator>Amarullah, Muhammad Ajib</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>516 Geometry</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kurangnya inovasi siswa dalam belajar matematika, kesulitan siswa dalam memvisualkan bangun ruang sisi datar dan kurangnya kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah soal matematika. Sehinga dibutuhkan langkah dan pembelajaran yang lebih invovatif dalam belajar matematika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Rancang Bangun Google Sketchup terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Prisma dan Limas). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 63,188 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 52,000. Kemudian uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_(hitung )=2,757. Setelah t_(hitung ) dikonsultasika dengan t_(tabel ) (0,05;62)=1,67 , diketahui t_(hitung )lebih besar dari t_(tabel ). Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Kesimpulan dari penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018.</description><date>2019-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/1/SKRIPSI%20AJIB%20FIX%20MUNAQOSAH%20revisi.pdf</identifier><identifier> Amarullah, Muhammad Ajib (2019) Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>10383</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Amarullah, Muhammad Ajib
title Efektivitas model pembelajaran project based learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018
publishDate 2019
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
516 Geometry
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/1/SKRIPSI%20AJIB%20FIX%20MUNAQOSAH%20revisi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10383/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kurangnya inovasi siswa dalam belajar matematika, kesulitan siswa dalam memvisualkan bangun ruang sisi datar dan kurangnya kreatifitas siswa dalam pemecahan masalah soal matematika. Sehinga dibutuhkan langkah dan pembelajaran yang lebih invovatif dalam belajar matematika untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Rancang Bangun Google Sketchup terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar (Prisma dan Limas). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 63,188 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 52,000. Kemudian uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t diperoleh t_(hitung )=2,757. Setelah t_(hitung ) dikonsultasika dengan t_(tabel ) (0,05;62)=1,67 , diketahui t_(hitung )lebih besar dari t_(tabel ). Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara nyata. Kesimpulan dari penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantu media rancang bangun Google Sketchup efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi pokok bangun ruang sisi datar (prisma dan limas) siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar Demak tahun ajaran 2017/2018.
id IOS2754.10383
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-01-03T02:57:00Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:25Z
recordtype dc
_version_ 1765821528677548032
score 17.538404