Strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi BMT Marhamah Wonosobo

Main Author: Putri, Any Rizkia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/
Daftar Isi:
  • Penerapan asuransi bertujuan menanggung setiap risiko yang tertanam pada setiap kebutuhan masyarakat dan menyalurkan dana tersebut untuk membantu satu sama lain. Salah satunya asuransi kematian yang ada pada BMT Marhmah Wonosobo. Asuransi kematian ini tertanam sebagai fasilitas bagi anggota dari BMT untuk mengkover kerugiannya. Meskipun sebagai tambahan dalam sebuah produk, asuransi tidak bisa dianggap remeh karena manfaatnya yang penting. Kehadiran asuransi syariah pada BMT Marhamah selain dapat meminimalisir kerugian anggota juga membuka peluang saling tolong-menolong antara anggota satu dengan lainnya. Mekanisme dari asuransi ta’awun ini adalah pembayaran premi diawal dan penggunaanya murni untuk dana tabarru’ atau dana kebajikan. Sedangkan strategi pemasarannya hanya pada anggota-anggota pembiayaan BMT Marhamah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,, dengan menggunakan data wawancara dan data dokumentasi untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan dan strategi pemasaran produk Pembiayaan Asuransi Ta’awun BMT Marhamah. Penelitian ini bersumber pada bagaimana mekanisme pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi ta’awun berjalan ? Apa strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkat minat masyarakat ?. Yangmana minat masyarakat sering mengabaikan adanya risiko tertanggung setiap harinya. Ditambah pemberian program asuransi ta’awun hanya berlaku untuk sebagian anggota BMT Marhamah. Dari permasalahan tersebut, penulis memberi saran bagi BMT Marhamah untuk memberlakukan program asuransi untuk semua kalangan anggota. Kemudian tidak pemberlakukan sistem sistem flat dalam artian mengelompokan risiko-risiko yang dapat muncul seperti dari umur, pengeluaran setiap tahun, pekerjaan, dan lainnya.