Strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi BMT Marhamah Wonosobo

Main Author: Putri, Any Rizkia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/
ctrlnum 10184
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/</relation><title>Strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi BMT Marhamah Wonosobo</title><creator>Putri, Any Rizkia</creator><subject>297.273 Islam and economics</subject><subject>332.7 Kredit, pembiayaan</subject><subject>658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)</subject><description>Penerapan asuransi bertujuan menanggung setiap risiko yang tertanam pada setiap kebutuhan masyarakat dan menyalurkan dana tersebut untuk membantu satu sama lain. Salah satunya asuransi kematian yang ada pada BMT Marhmah Wonosobo. Asuransi kematian ini tertanam sebagai fasilitas bagi anggota dari BMT untuk mengkover kerugiannya. Meskipun sebagai tambahan dalam sebuah produk, asuransi tidak bisa dianggap remeh karena manfaatnya yang penting. Kehadiran asuransi syariah pada BMT Marhamah selain dapat meminimalisir kerugian anggota juga membuka peluang saling tolong-menolong antara anggota satu dengan lainnya. Mekanisme dari asuransi ta&#x2019;awun ini adalah pembayaran premi diawal dan penggunaanya murni untuk dana tabarru&#x2019; atau dana kebajikan. Sedangkan strategi pemasarannya hanya pada anggota-anggota pembiayaan BMT Marhamah.&#xD; Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,, dengan menggunakan data wawancara dan data dokumentasi untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan dan strategi pemasaran produk Pembiayaan Asuransi Ta&#x2019;awun BMT Marhamah.&#xD; Penelitian ini bersumber pada bagaimana mekanisme pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi ta&#x2019;awun berjalan ? Apa strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkat minat masyarakat ?. Yangmana minat masyarakat sering mengabaikan adanya risiko tertanggung setiap harinya. Ditambah pemberian program asuransi ta&#x2019;awun hanya berlaku untuk sebagian anggota BMT Marhamah. Dari permasalahan tersebut, penulis memberi saran bagi BMT Marhamah untuk memberlakukan program asuransi untuk semua kalangan anggota. Kemudian tidak pemberlakukan sistem sistem flat dalam artian mengelompokan risiko-risiko yang dapat muncul seperti dari umur, pengeluaran setiap tahun, pekerjaan, dan lainnya.</description><date>2019-07-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/1/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><identifier> Putri, Any Rizkia (2019) Strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi BMT Marhamah Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>10184</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, Any Rizkia
title Strategi pemasaran produk pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi BMT Marhamah Wonosobo
publishDate 2019
topic 297.273 Islam and economics
332.7 Kredit
pembiayaan
658.8 Marketing management (pemasaran
distribusi)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10184/
contents Penerapan asuransi bertujuan menanggung setiap risiko yang tertanam pada setiap kebutuhan masyarakat dan menyalurkan dana tersebut untuk membantu satu sama lain. Salah satunya asuransi kematian yang ada pada BMT Marhmah Wonosobo. Asuransi kematian ini tertanam sebagai fasilitas bagi anggota dari BMT untuk mengkover kerugiannya. Meskipun sebagai tambahan dalam sebuah produk, asuransi tidak bisa dianggap remeh karena manfaatnya yang penting. Kehadiran asuransi syariah pada BMT Marhamah selain dapat meminimalisir kerugian anggota juga membuka peluang saling tolong-menolong antara anggota satu dengan lainnya. Mekanisme dari asuransi ta’awun ini adalah pembayaran premi diawal dan penggunaanya murni untuk dana tabarru’ atau dana kebajikan. Sedangkan strategi pemasarannya hanya pada anggota-anggota pembiayaan BMT Marhamah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif,, dengan menggunakan data wawancara dan data dokumentasi untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan dan strategi pemasaran produk Pembiayaan Asuransi Ta’awun BMT Marhamah. Penelitian ini bersumber pada bagaimana mekanisme pembiayaan ijarah multijasa dalam program asuransi ta’awun berjalan ? Apa strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkat minat masyarakat ?. Yangmana minat masyarakat sering mengabaikan adanya risiko tertanggung setiap harinya. Ditambah pemberian program asuransi ta’awun hanya berlaku untuk sebagian anggota BMT Marhamah. Dari permasalahan tersebut, penulis memberi saran bagi BMT Marhamah untuk memberlakukan program asuransi untuk semua kalangan anggota. Kemudian tidak pemberlakukan sistem sistem flat dalam artian mengelompokan risiko-risiko yang dapat muncul seperti dari umur, pengeluaran setiap tahun, pekerjaan, dan lainnya.
id IOS2754.10184
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-11-22T04:57:22Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:22Z
recordtype dc
_version_ 1765821527481122816
score 17.538404