Pengaruh penanganan keluhan dan komitmen nasabah terhadap loyalitas nasabah pada bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang

Main Author: Setyaningrum, Anggun Merlynda Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10152/1/Full%20Skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10152/
Daftar Isi:
  • Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia semakin bersaing dalam memberikan jasa layanan perbankan, untuk menarik perhatian dan minat nasabah baru. Bank harus mampu menghadapi tantangan revolusi industri tersebut, dengan meningkatkan dan mengembangkan strategi dalam memahami apa saja faktor dalam menarik nasabah dan menjadikan nasabah loyal. Loyalitas nasabah dapat dibentuk salah satunya berdasarkan cara penanganan keluhan dan komitmen nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penanganan Keluhan dan Komitmen Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk menganalisis penulis menggunakan metode regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa, secara parsial variabel penanganan keluhan berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dengan nilai koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0,235. Sedangkan variabel komitmen nasabah juga secara parsial berpengaruh positif dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05dengan koefisien pengaruh terhadap loyalitas sebesar 0,909. Penanganan keluhan dan komitmen nasabah secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Suriyah KC Semarang dengan nilai koefisiensi statistik uji F sebesar 61,300 > F tabel 3,09. Analisis koefisien determinan (R2) sebesar 0,558 atau 55,8%. Angka tersebut mempunyai maksud bahwa pengaruh penanganan keluhan dan komitmen nasabah secara simultan adalah 55,8% sedangkan sisanya sebesar 44,2% dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.