Analisis perilaku konsumen muslim dalam belanja fashion di online shop studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2014-2018
Main Author: | Saefuloh, Asep |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10063/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10063/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan era digital memicu perubahan perilaku konsumen dalam menggunakan media dalam berkomunikasi dan bertransaksi. hadirnya online shop menjadi primadona bagi masyarakat sebagai sarana untuk mempermudah mencari dan membeli berbagai kebutuhan, terlebih dalam hal fashion yang erat kaitannya dengan kebutuhan indrawi, dikalangan muslim fashion bukan lagi hanya sebagai alat untuk menutupi aurat, namun merupakan sebagai trand. Permasalahan yang diambil dalam penelitian disini Bagaimana perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisni Islam UIN Walisongo Semarang dalam belanja fashion di online shop dalam perspektif teori konsumsi Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2014-2018 menyimpulkan bahwa penggunaan media online shop dianggap informatif, harga yang stabil, dan fleksibel. Sedangkan menurut teori konsumsi Islam perilaku konsumsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang masih dalam koridor wajar dan tidak melanggar prinsip-prinsip konsumsi dalam islam.