<p><font face="Arial">RISET POTENSI PASAR TEKNOLOGI WIMAX SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT MEGA MEDIA</font></p>
Main Author: | NURWILLIANSYAH |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/132211/-p-font-face-arial-riset-potensi-pasar-teknologi-wimax-sebagai-dasar-perumusan-strategi-pemasaran-pt-indosat-mega-media-font-p-.html |
Daftar Isi:
- <font face="TimesNewRomanPSMT-Identity-H" size="3"> <p align="left">Teknologi informasi yang berkembang dengan laju kecepatan tinggi membawa</p> <p align="left">berbagai kemampuan dan fitur baru yang bermanfaat bagi kalangan bisnis dan dunia usaha. Di</p> <p align="left">bidang Internet, kini tuntutan tidak lagi sekedar konektivitas atau akses Internet saja, namun</p> <p align="left">juga meliputi solusi teknologi, peralatan dan sistem yang paling efisien dan berdaya guna untuk</p> <p align="left">menekan biaya dan memacu produktivitas. Untuk itu, PT Indosat Mega Media (IndosatM2),</p> <p align="left">penyedia terkemuka dalam layanan Internet, multimedia dan komunikasi data berbasis teknologi</p> <p align="left">IP akan mulai mengembangkan teknologi tebaru layanan jaringan nirkabel pita lebar</p> <p align="left">(broadband). Setelah mengembangkan layanan wireless fidelity (wifi) yang memungkinkan</p> <p align="left">akses internet nirkabel ditempat umum, IM2 akan meningkatkan kecepatan jaringan dengan</p> <p align="left">mengimplementasikan teknologi WIMAX.</p> <p align="left">PT. Indosat Mega Media (Indosat M2) dalam upayanya ingin meluncurkan teknologi</p> <p align="left">Wimax tentu perlu menetapkan langkah awal untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.</p> <p align="left">Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar</p> <p align="left">dan program promosi teknologi Wimax PT Indosat M2.</p> <p align="left">Metoda penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Alat pengumpul data</p> <p align="left">primer yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat pengguna laptop,</p> <p align="left">PDA dan handphone di wilayah Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah analisis cluster,</p> <p align="left">distribusi frekuensi dan perhitungan crosstabs. Analisis cluster digunakan untuk membentuk</p> <p align="left">segmen, sedangkan perhitungan crosstabs digunakan untuk melakukan analisa karakteristik</p> <p align="left">pasar, analisa perilaku pasar, tingkat keminatan dan tingkat kebersediaan dari setiap segmen.</p> <p align="left">Basis segmentasi yang digunakan adalah minat dan bersedia. Kedua basis segmentasi ini</p> <p align="left">dikombinasikan sehingga menghasilkan empat segmen yaitu Segmen I (Minat dan Bersedia),</p> <p align="left">segmen II(Minat dan Tidak bersedia), segmen III (Tidak berminat dan Bersedia), dan segmen</p> <p align="left">III (Tidak berminat dan Tidak bersedia). Setelah itu barulah ditentukan berapa besar pasar</p> <p align="left">potensia dan pasar tersedianya serta target pasarnya. Positioning dilakukan dengan</p> <p align="left">mengidentifikasi manfaatmanfaat</p> <p align="left">yang diharapkan oleh konsumen dan mengamati</p> <p align="left">karakteristik teknologi Wimax yang diperoleh dari studi pendahuluan objek penelitian. Terakhir</p> <p align="left">adalah penentuan program promosi bagi segmen sasaran</p> <p align="left">Dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa populasi segmen I sebesar 67,2%,</p> <p align="left">segmen II sebesar 22,5%, segmen III sebesar 0,5%, dan segmen IV sebesar 9,8%. Dari analisa</p> <p align="left">hasil segmentasi, peneliti menetapkan sasarannya pada segmen I (Berminat dan Bersedia).</p> <p align="left">Selain itu dapat diperoleh tentang perumusan positioning teknologi Wimax yaitu sebagai suatu</p> <p align="left">teknologi dengan kecepatan yang tinggi dan jangkauan area yang luas dengan positioning</p> <p align="left">statement teknologi wimax PT Indosat M2 adalah “High Speed Mobile Access”.Selanjutnya</p> <p align="left">adalah merumuskan program promosi. Untuk bauran promosi, iklan di internet dan televisi</p> <p align="left">menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi keputusan pembelian.</p> </font> -