<p><font face="Arial">BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KARYAWAN/TI DI PT POS INDONESIA BANDUNG SEBAGAI DASAR</font></p>
Main Author: | YUDHA ARISANTO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131993/-p-font-face-arial-business-process-improvement-perancangan-sistem-informasi-pada-pendidikan-dan-pelatihan-karyawan-ti-di-pt-pos-indonesia-bandung-sebagai-dasar-font-p-.html |
ctrlnum |
112010131 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title><p><font face="Arial">BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KARYAWAN/TI DI PT POS INDONESIA BANDUNG SEBAGAI DASAR</font></p></title><creator>YUDHA ARISANTO</creator><subject>BUSINESS</subject><description><font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">PT Pos Indonesia adalah perusahaan besar yang bergerak dibidang jasa pengiriman</p>
<p align="left">surat, uang, barang, dan keagenan. Untuk meningkatkan kompetensi karyawan sebagai ujung</p>
<p align="left">tombak bisnis secara teknis dan administrasi, PT Pos Indonesia mengadakan pendidikan dan</p>
<p align="left">pelatihan yang wajib dilakukan oleh karyawan sebagai pramutasi atau kenaikan jabatan. Selain</p>
<p align="left">pengawasan terhadap aktivitas dalam proses pendidikan dan pelatihan yang belum optimal,</p>
<p align="left">prosedur yang tidak sederhana menyebabkan proses pendidikan dan pelatihan memakan waktu</p>
<p align="left">siklus yang tidak sedikit. Proses pengawasan aktivitas ini memiliki arti penting, karena dengan</p>
<p align="left">adanya pengawasan maka proses bisnis dapat dipantau agar berjalan sesuai dengan rencana dan</p>
<p align="left">memudahkan pelaksanaan proses bisnis itu sendiri.</p>
<p align="left">Penelitian ini dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap perbaikan proses bisnis dan tahap</p>
<p align="left">perancangan sistem informasi. Pada tahap awal penelitian ini dilakukan </p>
<p align="left">pencatatan waktu sebagai dasar perbaikan. Selanjutnya dilakukan analisis aktivitas dengan</p>
<p align="left">membagi jenis aktivitas menjadi </p>
<p align="left">Selain itu digunakan juga metode </p>
<p align="left">teknologi dalam penyusunan perbaikan proses bisnis. Pada tahap akhir penelitian ini dilakukan</p>
<p align="left">perancangan sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan proses bisnis.</p>
<p align="left">Dari perbaikan dihasilkan penurunan aktivitas pada pelatihan1 tetapi juga dihaslikan</p>
<p align="left">penambahan aktivitas baru karena pengembalian fungsi unit kerja pelaku aktivitas sehingga</p>
<p align="left">pada saat perbaikan tanpa menerapkan sistem informasi (</p>
<p align="left">sebanyak 60 aktivitas. Seterusnya pada perbaikan dengan menerapkan sistem informasi</p>
<p align="left">terkomputerisasi (</p>
<p align="left">Pada pelatihan 2, jumlah aktivitas mengalami penurunan dari 42 aktivitas menjadi 40</p>
<p align="left">aktivitas untuk kondisi </p>
<p align="left">aktivitas berkurang menjadi 37 aktivitas. Sementara dari segi waktu siklus, terjadi penurunan</p>
<p align="left">sebesar 56.02 jam (10,77 %) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan sebesar</p>
<p align="left">128.42 jam (24,69%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 1 dan</p>
<p align="left">penurunan sebesar 71.75 jam (25,71%) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan</p>
<p align="left">98.55 jam (35,32%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 2.</p>
<p align="left">Penyusunan ulang aktivitas dan analisis yang dilakukan ternyata berhasil mengurangi</p>
<p align="left">waktu siklus proses bisnis. Lebih lanjut dengan pemanfaatan sistem informasi, waktu bagi</p>
<p align="left">petugas pelaku aktivitas untuk saling tukar menukar informasi dan data menjadi lebih cepat</p>
<p align="left">sehingga sangat mendukung dalam pencapaian efisiensi, efektivitas, dan adaptabilitas proses</p>
<p align="left">bisnis.</p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">walkthrough </font><font face="Times New Roman" size="3">dan</font><em><font face="Times New Roman" size="3">real value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">, </font><em><font face="Times New Roman" size="3">bussines value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">, dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">non value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">streamlinin</font><font face="Times New Roman" size="3">g dan pertimbangan ketersediaan fasilitas serta</font><em><font face="Times New Roman" size="3">initial improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">) aktivitas tetap</font><em><font face="Times New Roman" size="3">final improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">) aktivitas ini menurun menjadi 57 aktivitas.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">initial improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">. Lebih lanjut pada </font><em><font face="Times New Roman" size="3">final improvement </font><font face="Times New Roman" size="3">jumlah</font></em></em></em></em></em></em></em></em></em> -</description><publisher>Universitas Telkom, S1 Teknik Industri</publisher><date>2005-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131993/-p-font-face-arial-business-process-improvement-perancangan-sistem-informasi-pada-pendidikan-dan-pelatihan-karyawan-ti-di-pt-pos-indonesia-bandung-sebagai-dasar-font-p-.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112010131</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
YUDHA ARISANTO |
title |
<p><font face="Arial">BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KARYAWAN/TI DI PT POS INDONESIA BANDUNG SEBAGAI DASAR</font></p> |
publisher |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri |
publishDate |
2005 |
topic |
BUSINESS |
url |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131993/-p-font-face-arial-business-process-improvement-perancangan-sistem-informasi-pada-pendidikan-dan-pelatihan-karyawan-ti-di-pt-pos-indonesia-bandung-sebagai-dasar-font-p-.html |
contents |
<font face="Times New Roman" size="3">
<p align="left">PT Pos Indonesia adalah perusahaan besar yang bergerak dibidang jasa pengiriman</p>
<p align="left">surat, uang, barang, dan keagenan. Untuk meningkatkan kompetensi karyawan sebagai ujung</p>
<p align="left">tombak bisnis secara teknis dan administrasi, PT Pos Indonesia mengadakan pendidikan dan</p>
<p align="left">pelatihan yang wajib dilakukan oleh karyawan sebagai pramutasi atau kenaikan jabatan. Selain</p>
<p align="left">pengawasan terhadap aktivitas dalam proses pendidikan dan pelatihan yang belum optimal,</p>
<p align="left">prosedur yang tidak sederhana menyebabkan proses pendidikan dan pelatihan memakan waktu</p>
<p align="left">siklus yang tidak sedikit. Proses pengawasan aktivitas ini memiliki arti penting, karena dengan</p>
<p align="left">adanya pengawasan maka proses bisnis dapat dipantau agar berjalan sesuai dengan rencana dan</p>
<p align="left">memudahkan pelaksanaan proses bisnis itu sendiri.</p>
<p align="left">Penelitian ini dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap perbaikan proses bisnis dan tahap</p>
<p align="left">perancangan sistem informasi. Pada tahap awal penelitian ini dilakukan </p>
<p align="left">pencatatan waktu sebagai dasar perbaikan. Selanjutnya dilakukan analisis aktivitas dengan</p>
<p align="left">membagi jenis aktivitas menjadi </p>
<p align="left">Selain itu digunakan juga metode </p>
<p align="left">teknologi dalam penyusunan perbaikan proses bisnis. Pada tahap akhir penelitian ini dilakukan</p>
<p align="left">perancangan sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan proses bisnis.</p>
<p align="left">Dari perbaikan dihasilkan penurunan aktivitas pada pelatihan1 tetapi juga dihaslikan</p>
<p align="left">penambahan aktivitas baru karena pengembalian fungsi unit kerja pelaku aktivitas sehingga</p>
<p align="left">pada saat perbaikan tanpa menerapkan sistem informasi (</p>
<p align="left">sebanyak 60 aktivitas. Seterusnya pada perbaikan dengan menerapkan sistem informasi</p>
<p align="left">terkomputerisasi (</p>
<p align="left">Pada pelatihan 2, jumlah aktivitas mengalami penurunan dari 42 aktivitas menjadi 40</p>
<p align="left">aktivitas untuk kondisi </p>
<p align="left">aktivitas berkurang menjadi 37 aktivitas. Sementara dari segi waktu siklus, terjadi penurunan</p>
<p align="left">sebesar 56.02 jam (10,77 %) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan sebesar</p>
<p align="left">128.42 jam (24,69%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 1 dan</p>
<p align="left">penurunan sebesar 71.75 jam (25,71%) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan</p>
<p align="left">98.55 jam (35,32%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 2.</p>
<p align="left">Penyusunan ulang aktivitas dan analisis yang dilakukan ternyata berhasil mengurangi</p>
<p align="left">waktu siklus proses bisnis. Lebih lanjut dengan pemanfaatan sistem informasi, waktu bagi</p>
<p align="left">petugas pelaku aktivitas untuk saling tukar menukar informasi dan data menjadi lebih cepat</p>
<p align="left">sehingga sangat mendukung dalam pencapaian efisiensi, efektivitas, dan adaptabilitas proses</p>
<p align="left">bisnis.</p>
</font><em><font face="Times New Roman" size="3">walkthrough </font><font face="Times New Roman" size="3">dan</font><em><font face="Times New Roman" size="3">real value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">, </font><em><font face="Times New Roman" size="3">bussines value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">, dan </font><em><font face="Times New Roman" size="3">non value-added</font><font face="Times New Roman" size="3">.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">streamlinin</font><font face="Times New Roman" size="3">g dan pertimbangan ketersediaan fasilitas serta</font><em><font face="Times New Roman" size="3">initial improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">) aktivitas tetap</font><em><font face="Times New Roman" size="3">final improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">) aktivitas ini menurun menjadi 57 aktivitas.</font><em><font face="Times New Roman" size="3">initial improvement</font><font face="Times New Roman" size="3">. Lebih lanjut pada </font><em><font face="Times New Roman" size="3">final improvement </font><font face="Times New Roman" size="3">jumlah</font></em></em></em></em></em></em></em></em></em> - |
id |
IOS2750.112010131 |
institution |
Telkom University |
institution_id |
317 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Telkom University |
library_id |
255 |
collection |
Katalog Library & Knowledge Center Telkom University |
repository_id |
2750 |
subject_area |
Ekonomi Program Komputer dan Teknologi Informasi Rekayasa |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS2750 |
first_indexed |
2017-07-10T07:18:38Z |
last_indexed |
2023-05-13T21:48:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765820009825697792 |
score |
17.538404 |