PERANCANGAN PROGRAM PENGENDALIAN CHURN KARTU HALO BERDASARKAN ANALISIS CHURN DAN NILAI PELANGGAN KARTU SELULER PASKA BAYAR MELALUI PENGUKURAN INDEX KEPUASAN, INDEX LOYALITAS DAN ANALISIS SWOT(Studi Kasus PT Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah GraPAR
Main Author: | DIELLA FRESA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131968/perancangan-program-pengendalian-churn-kartu-halo-berdasarkan-analisis-churn-dan-nilai-pelanggan-kartu-seluler-paska-bayar-melalui-pengukuran-index-kepuasan-index-loyalitas-dan-analisis-swot-studi-kasus-pt-telkomsel-regional-sumatera-bagian-tengah-grapar.html |
Daftar Isi:
- <font size="3" face="Times New Roman"> <p align="left">Berdasarkan data performansi kartuHALO Regional Sumatera Bagian Tengah tahun</p> <p align="left">2004 dan kuartil I tahun 2005, dikota Batam terjadi kenaikan jumlah pelanggan churn</p> <p align="left">kartuHALO. Untuk meningkatkan target churn, PT Telkomsel harus memahami kharakteristik</p> <p align="left">pelanggan churn, loyalitas, kepuasan dan persaingan kompetitor. Oleh karena itu, dari hasil</p> <p align="left">penelitian ini dapat dihasilkan program pengendalian churn kartuHALO yang efektif untuk</p> <p align="left">meningkatkan target churn di graPARI Pulau Batam.</p> <p align="left">Perancangan Program Pengendalian Churn ini disusun berdasarkan beberapa</p> <p align="left">pendekatan analisis yaitu analisis churn, nilai pelanggan dan SWOT. Analisis churn</p> <p align="left">kartuHALO digunakan untuk mengetahui kharakteristik, keluhan, pola perpindahan dan alasan</p> <p align="left">pelanggan churn. Analisis nilai pelanggan kartu seluler paska bayar digunakan untuk</p> <p align="left">mengetahui perbandingan variabel nilai pelanggan melalui perhitungan Customer Satisfaction</p> <p align="left">Index dan Customer Satisfaction Gap Index. Perhitungan Index Loyalitas dan Index</p> <p align="left">Attractiveness dilakukan untuk mengetahui profil loyalitas pelanggan. Selain itu dilakukan</p> <p align="left">analisa terhadap kompetitor untuk mengetahui </p> <p align="left">kartuHALO pada saat ini.</p> </font><font size="3" face="Times New Roman">Strength, Weakness, Oppurtunity dan Treat</font><font size="3" face="Times New Roman"> <p align="left">Dari hasil penelitian dan ketertarikan program preferensi pelanggan maka dapat</p> <p align="left">diidentifikasi karakteristik churn, persepsi pelanggan terhadap operator, segmen loyalitas</p> <p align="left">pelanggan dan keunggulan kompetitor yang akan digunakan dalam perumusan program</p> <p align="left">pengendalian churn kartuHALO meliputi program pencegahan churn (</p> <p align="left">program untuk menarik kembali pelanggan churn (</p> <p align="left">ketika pelanggan terindikasi akan churn (</p> <p align="left">Adapun program preventif yang diusulkan meliputi program peningkatan layanan yang</p> <p align="left">memiliki performansi rendah, edukasi dan sosialisasi tarif air time dan fitur tambahan, serta</p> <p align="left">program reduksi tarif. Program proaktif yang diusulkan meliputi program proaktif customer</p> <p align="left">service dalam menghadapi pelanggan yang akan churn, penawaran program alternatif dan</p> <p align="left">penawaran paket pra bayar Telkomsel (kartu AS dan Simpati). Sedangkan program reaktif yang</p> <p align="left">diusulkan yaitu program welcome back greeting, billing reminding, dan billing controling. Tiap</p> <p align="left">program yang diusulkan mempunyai subprogram untuk direalisasikan oleh manajemen PT</p> <p align="left">Telkomsel graPARI pulau Batam.</p> </font><em><font size="3" face="Times New Roman">preventive program </font><font size="3" face="Times New Roman">),</font><em><font size="3" face="Times New Roman">reaktif program</font><font size="3" face="Times New Roman">) dan program pencegahan</font><em><font size="3" face="Times New Roman">proaktif program</font><font size="3" face="Times New Roman">).</font></em></em></em> -