GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br /> TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br /> OF TELKOMVISION<br /> at PT. Indonusa Telemedia<br /> West Java Regional Office
Main Author: | Oxalis Atindriya Ratri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html |
Daftar Isi:
- Pemasaran adalah suatu process manajerial dimana individual ataupun kelompok<br /> mendapatkan kebutuhan mereka melalui perancangan, penawaran, dan pertukaran nilai produk<br /> dengan pihak lain. Tempat (Place), sebagai salah satu alat dari Bauran Pemasaran,<br /> menunjukkan bahwa pemasaran sangat terkait dengan kondisi geografisnya. Oleh karena itu<br /> pelaku pasar harus dapat menganalisa informasi geografis secara efisien untuk memenangkan<br /> persaingan dan efektivitas dalam bisnis. TELKOMVISION sebagai pendatang baru dalam<br /> bisnis TV berbayar membutuhkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu pihak<br /> manajemen dalam menentukan strategi yang tepat untuk area tertentu.<br /> Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data spasial<br /> dan non spasial. Dipadukan dengan prinsip-prinsip pemasaran, sistem ini dapat<br /> merepresentasikan relasi spasial antara komponen-komponen pasar. Peta tematik yang ada pada<br /> SIG dapat menunjukkan hasil dari formulasi sehingga dapat dibuat suatu analisis dari informasi<br /> tersebut sehigga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pasar potensial dan memprioritaskan<br /> pasar potensial tersebut. Analisis ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk<br /> pengembangan strategi pemasaran.<br /> Pasar potensial dianalisa dari dua tipe pelanggan, yaitu pelanggan korporasi dan<br /> pelanggan retail. Faktor-faktor penentu pasar potensial dari TELKOMVISION adalah: (1)<br /> tingkat keminatan akan TV Berbayar, (2) Tingkat keminatan akan akan Internet, (3) Rasio<br /> antara pelanggan existing dengan jumlah penduduk, (4) durasi dalam menonton TV, (5) durasi<br /> dalam menggunakan internet, (6) lapangan pekerjaan, (7) pendidikan, (8) umur, dan (9) PDRB<br /> (Produk Domestik Regional Bruto). Pendidikan, umur, dan PRDB, hanya digunakan untuk<br /> menentukan tingkat potensial dari pelanggan retail. Nilai potensial ditentukan dari formulasi<br /> yang telah ditentukan, kemudian tingkat potensial dan status potensial ditentukan berdasarkan<br /> nilai potensial tersebut. Hasil akhir dari perancangan ini adalah visualisasi peta tematik yang<br /> menunjukkan tingkat potensial dan status potensial untuk tiap kecamatan.<br /> Output dari perancangan sistem ini terdiri dari: (1) data tabel dari nilai potensial, tingkat<br /> potensial, dan status potensial; (2) grafik dari nilai potensial; dan (3) visulalisasi peta tematik<br /> untuk status potensial dan tingkat potensial. Hasil tersebut dapat digunakan untuk mendukung<br /> keputusan pemasaran dari TELKOMVISION dan sebagai dasar untuk pengembangan strategi<br /> pemasaran dari TELKOMVISION. -