GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br /> TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br /> OF TELKOMVISION<br /> at PT. Indonusa Telemedia<br /> West Java Regional Office

Main Author: Oxalis Atindriya Ratri
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Telkom , 2007
Subjects:
Online Access: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html
ctrlnum 112000039
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION&lt;br /&gt; TO DETERMINE POTENTIAL MARKET&lt;br /&gt; OF TELKOMVISION&lt;br /&gt; at PT. Indonusa Telemedia&lt;br /&gt; West Java Regional Office</title><creator>Oxalis Atindriya Ratri</creator><subject>GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS</subject><description>Pemasaran adalah suatu process manajerial dimana individual ataupun kelompok&lt;br /&gt; mendapatkan kebutuhan mereka melalui perancangan, penawaran, dan pertukaran nilai produk&lt;br /&gt; dengan pihak lain. Tempat (Place), sebagai salah satu alat dari Bauran Pemasaran,&lt;br /&gt; menunjukkan bahwa pemasaran sangat terkait dengan kondisi geografisnya. Oleh karena itu&lt;br /&gt; pelaku pasar harus dapat menganalisa informasi geografis secara efisien untuk memenangkan&lt;br /&gt; persaingan dan efektivitas dalam bisnis. TELKOMVISION sebagai pendatang baru dalam&lt;br /&gt; bisnis TV berbayar membutuhkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu pihak&lt;br /&gt; manajemen dalam menentukan strategi yang tepat untuk area tertentu.&lt;br /&gt; Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data spasial&lt;br /&gt; dan non spasial. Dipadukan dengan prinsip-prinsip pemasaran, sistem ini dapat&lt;br /&gt; merepresentasikan relasi spasial antara komponen-komponen pasar. Peta tematik yang ada pada&lt;br /&gt; SIG dapat menunjukkan hasil dari formulasi sehingga dapat dibuat suatu analisis dari informasi&lt;br /&gt; tersebut sehigga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pasar potensial dan memprioritaskan&lt;br /&gt; pasar potensial tersebut. Analisis ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk&lt;br /&gt; pengembangan strategi pemasaran.&lt;br /&gt; Pasar potensial dianalisa dari dua tipe pelanggan, yaitu pelanggan korporasi dan&lt;br /&gt; pelanggan retail. Faktor-faktor penentu pasar potensial dari TELKOMVISION adalah: (1)&lt;br /&gt; tingkat keminatan akan TV Berbayar, (2) Tingkat keminatan akan akan Internet, (3) Rasio&lt;br /&gt; antara pelanggan existing dengan jumlah penduduk, (4) durasi dalam menonton TV, (5) durasi&lt;br /&gt; dalam menggunakan internet, (6) lapangan pekerjaan, (7) pendidikan, (8) umur, dan (9) PDRB&lt;br /&gt; (Produk Domestik Regional Bruto). Pendidikan, umur, dan PRDB, hanya digunakan untuk&lt;br /&gt; menentukan tingkat potensial dari pelanggan retail. Nilai potensial ditentukan dari formulasi&lt;br /&gt; yang telah ditentukan, kemudian tingkat potensial dan status potensial ditentukan berdasarkan&lt;br /&gt; nilai potensial tersebut. Hasil akhir dari perancangan ini adalah visualisasi peta tematik yang&lt;br /&gt; menunjukkan tingkat potensial dan status potensial untuk tiap kecamatan.&lt;br /&gt; Output dari perancangan sistem ini terdiri dari: (1) data tabel dari nilai potensial, tingkat&lt;br /&gt; potensial, dan status potensial; (2) grafik dari nilai potensial; dan (3) visulalisasi peta tematik&lt;br /&gt; untuk status potensial dan tingkat potensial. Hasil tersebut dapat digunakan untuk mendukung&lt;br /&gt; keputusan pemasaran dari TELKOMVISION dan sebagai dasar untuk pengembangan strategi&lt;br /&gt; pemasaran dari TELKOMVISION. -</description><publisher>Universitas Telkom</publisher><date>2007-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112000039</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
author Oxalis Atindriya Ratri
title GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br /> TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br /> OF TELKOMVISION<br /> at PT. Indonusa Telemedia<br /> West Java Regional Office
publisher Universitas Telkom
publishDate 2007
topic GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS
url https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html
contents Pemasaran adalah suatu process manajerial dimana individual ataupun kelompok<br /> mendapatkan kebutuhan mereka melalui perancangan, penawaran, dan pertukaran nilai produk<br /> dengan pihak lain. Tempat (Place), sebagai salah satu alat dari Bauran Pemasaran,<br /> menunjukkan bahwa pemasaran sangat terkait dengan kondisi geografisnya. Oleh karena itu<br /> pelaku pasar harus dapat menganalisa informasi geografis secara efisien untuk memenangkan<br /> persaingan dan efektivitas dalam bisnis. TELKOMVISION sebagai pendatang baru dalam<br /> bisnis TV berbayar membutuhkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu pihak<br /> manajemen dalam menentukan strategi yang tepat untuk area tertentu.<br /> Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data spasial<br /> dan non spasial. Dipadukan dengan prinsip-prinsip pemasaran, sistem ini dapat<br /> merepresentasikan relasi spasial antara komponen-komponen pasar. Peta tematik yang ada pada<br /> SIG dapat menunjukkan hasil dari formulasi sehingga dapat dibuat suatu analisis dari informasi<br /> tersebut sehigga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pasar potensial dan memprioritaskan<br /> pasar potensial tersebut. Analisis ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk<br /> pengembangan strategi pemasaran.<br /> Pasar potensial dianalisa dari dua tipe pelanggan, yaitu pelanggan korporasi dan<br /> pelanggan retail. Faktor-faktor penentu pasar potensial dari TELKOMVISION adalah: (1)<br /> tingkat keminatan akan TV Berbayar, (2) Tingkat keminatan akan akan Internet, (3) Rasio<br /> antara pelanggan existing dengan jumlah penduduk, (4) durasi dalam menonton TV, (5) durasi<br /> dalam menggunakan internet, (6) lapangan pekerjaan, (7) pendidikan, (8) umur, dan (9) PDRB<br /> (Produk Domestik Regional Bruto). Pendidikan, umur, dan PRDB, hanya digunakan untuk<br /> menentukan tingkat potensial dari pelanggan retail. Nilai potensial ditentukan dari formulasi<br /> yang telah ditentukan, kemudian tingkat potensial dan status potensial ditentukan berdasarkan<br /> nilai potensial tersebut. Hasil akhir dari perancangan ini adalah visualisasi peta tematik yang<br /> menunjukkan tingkat potensial dan status potensial untuk tiap kecamatan.<br /> Output dari perancangan sistem ini terdiri dari: (1) data tabel dari nilai potensial, tingkat<br /> potensial, dan status potensial; (2) grafik dari nilai potensial; dan (3) visulalisasi peta tematik<br /> untuk status potensial dan tingkat potensial. Hasil tersebut dapat digunakan untuk mendukung<br /> keputusan pemasaran dari TELKOMVISION dan sebagai dasar untuk pengembangan strategi<br /> pemasaran dari TELKOMVISION. -
id IOS2750.112000039
institution Telkom University
institution_id 317
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Telkom University
library_id 255
collection Katalog Library & Knowledge Center Telkom University
repository_id 2750
subject_area Ekonomi
Program Komputer dan Teknologi Informasi
Rekayasa
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS2750
first_indexed 2017-07-10T07:19:09Z
last_indexed 2023-03-12T09:44:50Z
recordtype dc
_version_ 1765820011518099456
score 17.538404