GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br /> TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br /> OF TELKOMVISION<br /> at PT. Indonusa Telemedia<br /> West Java Regional Office
Main Author: | Oxalis Atindriya Ratri |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Telkom
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html |
ctrlnum |
112000039 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br />
TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br />
OF TELKOMVISION<br />
at PT. Indonusa Telemedia<br />
West Java Regional Office</title><creator>Oxalis Atindriya Ratri</creator><subject>GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS</subject><description>Pemasaran adalah suatu process manajerial dimana individual ataupun kelompok<br />
mendapatkan kebutuhan mereka melalui perancangan, penawaran, dan pertukaran nilai produk<br />
dengan pihak lain. Tempat (Place), sebagai salah satu alat dari Bauran Pemasaran,<br />
menunjukkan bahwa pemasaran sangat terkait dengan kondisi geografisnya. Oleh karena itu<br />
pelaku pasar harus dapat menganalisa informasi geografis secara efisien untuk memenangkan<br />
persaingan dan efektivitas dalam bisnis. TELKOMVISION sebagai pendatang baru dalam<br />
bisnis TV berbayar membutuhkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu pihak<br />
manajemen dalam menentukan strategi yang tepat untuk area tertentu.<br />
Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data spasial<br />
dan non spasial. Dipadukan dengan prinsip-prinsip pemasaran, sistem ini dapat<br />
merepresentasikan relasi spasial antara komponen-komponen pasar. Peta tematik yang ada pada<br />
SIG dapat menunjukkan hasil dari formulasi sehingga dapat dibuat suatu analisis dari informasi<br />
tersebut sehigga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pasar potensial dan memprioritaskan<br />
pasar potensial tersebut. Analisis ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk<br />
pengembangan strategi pemasaran.<br />
Pasar potensial dianalisa dari dua tipe pelanggan, yaitu pelanggan korporasi dan<br />
pelanggan retail. Faktor-faktor penentu pasar potensial dari TELKOMVISION adalah: (1)<br />
tingkat keminatan akan TV Berbayar, (2) Tingkat keminatan akan akan Internet, (3) Rasio<br />
antara pelanggan existing dengan jumlah penduduk, (4) durasi dalam menonton TV, (5) durasi<br />
dalam menggunakan internet, (6) lapangan pekerjaan, (7) pendidikan, (8) umur, dan (9) PDRB<br />
(Produk Domestik Regional Bruto). Pendidikan, umur, dan PRDB, hanya digunakan untuk<br />
menentukan tingkat potensial dari pelanggan retail. Nilai potensial ditentukan dari formulasi<br />
yang telah ditentukan, kemudian tingkat potensial dan status potensial ditentukan berdasarkan<br />
nilai potensial tersebut. Hasil akhir dari perancangan ini adalah visualisasi peta tematik yang<br />
menunjukkan tingkat potensial dan status potensial untuk tiap kecamatan.<br />
Output dari perancangan sistem ini terdiri dari: (1) data tabel dari nilai potensial, tingkat<br />
potensial, dan status potensial; (2) grafik dari nilai potensial; dan (3) visulalisasi peta tematik<br />
untuk status potensial dan tingkat potensial. Hasil tersebut dapat digunakan untuk mendukung<br />
keputusan pemasaran dari TELKOMVISION dan sebagai dasar untuk pengembangan strategi<br />
pemasaran dari TELKOMVISION. -</description><publisher>Universitas Telkom</publisher><date>2007-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><identifier>https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html</identifier><language>Indonesia</language><recordID>112000039</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis |
author |
Oxalis Atindriya Ratri |
title |
GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM APPLICATION<br />
TO DETERMINE POTENTIAL MARKET<br />
OF TELKOMVISION<br />
at PT. Indonusa Telemedia<br />
West Java Regional Office |
publisher |
Universitas Telkom |
publishDate |
2007 |
topic |
GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS |
url |
https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/131880/geographic-information-system-application-br-to-determine-potential-market-br-of-telkomvision-br-at-pt-indonusa-telemedia-br-west-java-regional-office.html |
contents |
Pemasaran adalah suatu process manajerial dimana individual ataupun kelompok<br />
mendapatkan kebutuhan mereka melalui perancangan, penawaran, dan pertukaran nilai produk<br />
dengan pihak lain. Tempat (Place), sebagai salah satu alat dari Bauran Pemasaran,<br />
menunjukkan bahwa pemasaran sangat terkait dengan kondisi geografisnya. Oleh karena itu<br />
pelaku pasar harus dapat menganalisa informasi geografis secara efisien untuk memenangkan<br />
persaingan dan efektivitas dalam bisnis. TELKOMVISION sebagai pendatang baru dalam<br />
bisnis TV berbayar membutuhkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat membantu pihak<br />
manajemen dalam menentukan strategi yang tepat untuk area tertentu.<br />
Sistem Informasi Geografis memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan data spasial<br />
dan non spasial. Dipadukan dengan prinsip-prinsip pemasaran, sistem ini dapat<br />
merepresentasikan relasi spasial antara komponen-komponen pasar. Peta tematik yang ada pada<br />
SIG dapat menunjukkan hasil dari formulasi sehingga dapat dibuat suatu analisis dari informasi<br />
tersebut sehigga dapat digunakan untuk mengidentifikasi pasar potensial dan memprioritaskan<br />
pasar potensial tersebut. Analisis ini kemudian dapat digunakan sebagai dasar untuk<br />
pengembangan strategi pemasaran.<br />
Pasar potensial dianalisa dari dua tipe pelanggan, yaitu pelanggan korporasi dan<br />
pelanggan retail. Faktor-faktor penentu pasar potensial dari TELKOMVISION adalah: (1)<br />
tingkat keminatan akan TV Berbayar, (2) Tingkat keminatan akan akan Internet, (3) Rasio<br />
antara pelanggan existing dengan jumlah penduduk, (4) durasi dalam menonton TV, (5) durasi<br />
dalam menggunakan internet, (6) lapangan pekerjaan, (7) pendidikan, (8) umur, dan (9) PDRB<br />
(Produk Domestik Regional Bruto). Pendidikan, umur, dan PRDB, hanya digunakan untuk<br />
menentukan tingkat potensial dari pelanggan retail. Nilai potensial ditentukan dari formulasi<br />
yang telah ditentukan, kemudian tingkat potensial dan status potensial ditentukan berdasarkan<br />
nilai potensial tersebut. Hasil akhir dari perancangan ini adalah visualisasi peta tematik yang<br />
menunjukkan tingkat potensial dan status potensial untuk tiap kecamatan.<br />
Output dari perancangan sistem ini terdiri dari: (1) data tabel dari nilai potensial, tingkat<br />
potensial, dan status potensial; (2) grafik dari nilai potensial; dan (3) visulalisasi peta tematik<br />
untuk status potensial dan tingkat potensial. Hasil tersebut dapat digunakan untuk mendukung<br />
keputusan pemasaran dari TELKOMVISION dan sebagai dasar untuk pengembangan strategi<br />
pemasaran dari TELKOMVISION. - |
id |
IOS2750.112000039 |
institution |
Telkom University |
institution_id |
317 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Telkom University |
library_id |
255 |
collection |
Katalog Library & Knowledge Center Telkom University |
repository_id |
2750 |
subject_area |
Ekonomi Program Komputer dan Teknologi Informasi Rekayasa |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS2750 |
first_indexed |
2017-07-10T07:19:09Z |
last_indexed |
2023-03-12T09:44:50Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765820011518099456 |
score |
17.538404 |