KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR
Main Author: | HARTATI, SRI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/7337/1/Q100050069.pdf http://eprints.ums.ac.id/7337/2/Q100050069.pdf http://eprints.ums.ac.id/7337/ |
ctrlnum |
7337 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/7337/</relation><title>KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR</title><creator> HARTATI, SRI </creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya 
pengawasan oleh pimpinan yang belum optimal, rendahnya kompetensi guru, dan 
kondisi lingkungan kerja yang belum kondusif. Berbagai leteratur mengemukakan 
bahwa ada hubungan antara kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, 
dan kondisi lingkungan kerja. Dengan latar belakang itulah dalam penelitian ini 
penulis memilih sejumlah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Karanganyar 
sebagai obyek penelitian. Dari penelitian tersebut bertujuan antara lain, 1) 
Mendiskripsikan keadaan supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi 
lingkungan kerja; 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah, 
kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja; 3) Mengetahui kontribusi 
supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja.
Tujuan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah diskriptif 
analisis dengan populasi 81 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN), sampel 
diambil dengan menggunakan sample random sampling sebanyak 65 guru. Data 
diambil dengan menggunakan angket dan analisisnya menggunakan regresi 
berganda dan prediktor. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa, 1) Keadaan 
supervisi dikategorikan tinggi; 2) Ada pengaruh baik simultan maupun parsial; 3) 
Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel adalah, supervisi kepala sekolah 
sebesar b= 0,463, kompetensi guru sebesar b= 0,170, dan kondisi lingkungan 
kerja sebesar b= 0,634, sehingga variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap 
kinerja guru adalah variabel kondisi lingkungan kerja.
Pengaruh kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi 
lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 56,6%, sedangkan sebesar 43,4% 
dijelaskan oleh variabel lain di luar model. </description><date>2006</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/7337/1/Q100050069.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/7337/2/Q100050069.pdf</identifier><identifier> HARTATI, SRI (2006) KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . </identifier><relation>Q100050069</relation><recordID>7337</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
HARTATI, SRI |
title |
KONTRIBUSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI KARANGANYAR |
publishDate |
2006 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.ums.ac.id/7337/1/Q100050069.pdf http://eprints.ums.ac.id/7337/2/Q100050069.pdf http://eprints.ums.ac.id/7337/ |
contents |
Kinerja guru dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, diantaranya
pengawasan oleh pimpinan yang belum optimal, rendahnya kompetensi guru, dan
kondisi lingkungan kerja yang belum kondusif. Berbagai leteratur mengemukakan
bahwa ada hubungan antara kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru,
dan kondisi lingkungan kerja. Dengan latar belakang itulah dalam penelitian ini
penulis memilih sejumlah guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Karanganyar
sebagai obyek penelitian. Dari penelitian tersebut bertujuan antara lain, 1)
Mendiskripsikan keadaan supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi
lingkungan kerja; 2) Untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah,
kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja; 3) Mengetahui kontribusi
supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi lingkungan kerja.
Tujuan dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah diskriptif
analisis dengan populasi 81 guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN), sampel
diambil dengan menggunakan sample random sampling sebanyak 65 guru. Data
diambil dengan menggunakan angket dan analisisnya menggunakan regresi
berganda dan prediktor. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa, 1) Keadaan
supervisi dikategorikan tinggi; 2) Ada pengaruh baik simultan maupun parsial; 3)
Besarnya pengaruh dari masing-masing variabel adalah, supervisi kepala sekolah
sebesar b= 0,463, kompetensi guru sebesar b= 0,170, dan kondisi lingkungan
kerja sebesar b= 0,634, sehingga variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap
kinerja guru adalah variabel kondisi lingkungan kerja.
Pengaruh kontribusi supervisi kepala sekolah, kompetensi guru, dan kondisi
lingkungan kerja terhadap kinerja guru sebesar 56,6%, sedangkan sebesar 43,4%
dijelaskan oleh variabel lain di luar model. |
id |
IOS2728.7337 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:36:09Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:36:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810542204682240 |
score |
17.538404 |