EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK–TALK–WRITE (TTW) DAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Pada Kelas VII Semester 1 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2009/ 2010)
Main Author: | LESTARI , WAHYU VITA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/7242/1/A410060130.PDF http://eprints.ums.ac.id/7242/2/A410060130.PDF http://eprints.ums.ac.id/7242/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi pembelajaran TTW dan LSQ terhadap prestasi belajar matematika siswa, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, (3) efek interaksi strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2009/ 2010 sebanyak 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini , yaitu siswa VII I sebagai kelas eksperimen dan siswa VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Cluster random sampling. Sebelum instrumen dikenakan pada sampel, maka diuji terlebih dahulu dengan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian, dengan a=5% diperoleh : (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran TTW dan LSQ terhadap prestasi belajar (2) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa (3) Tidak ada efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar.