PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR
Main Author: | Indra S, Dodik Agung |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/6800/1/P100030092.pdf http://eprints.ums.ac.id/6800/2/P100030092.pdf http://eprints.ums.ac.id/6800/ |
ctrlnum |
6800 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/6800/</relation><title>PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR</title><creator> Indra S, Dodik Agung</creator><subject>HD28 Management. Industrial Management</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel reliability, 
responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible terhadap Kepuasan Nasabah Kredit 
Perorangan dan Kelompok di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar. Hasil dari uji 
parsial Kredit Perorangan, Nilai thitung variabel Reliability dan tangible dari tabel IV.1 
sebesar 3,110 dan 4,365 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel responsiveness 
sebesar 2,398; emphaty sebesar 2,077 dan assurance sebesar 2,748 adalah signifikan 
pada α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti 
variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual 
masing-masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit perorangan. Hasil 
dari uji parsial Kredit Kelompok, Nilai thitung variabel Emphaty dan tangible dari tabel IV.1 
sebesar 5,322 dan 3,612 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel reliability sebesar 
1,882; responsiveness sebesar 1,991 dan assurance sebesar 1,710 adalah signifikan pada 
α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel 
reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual masing-
masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit kelompok. 
Nilai Fhitung Kredit Perorangan sebesar 47,801 adalah signifikan pada α = 1% maka 
hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, 
responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi 
variabel kepuasan nasabah kredit perorangan secara signifikan, dan nilai Fhitung untuk kredit 
kelompok sebesar 55,633 adalah signifikan pada α = 1%, maka hipotesis nihil ditolak dan 
hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty, 
assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan nasabah 
kredit kelompok secara signifikan. 
Uji ketepatan model dengan menggunakan koefisien determinasi (R2
) menunjukkan 
nilai koefisien determinasi (R2
) untuk kredit perorangan sebesar 0,898 artinya sebesar 89,8 
% variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu 
mempengaruhi variabel kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 11,2% 
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model, dan nilai koefisien 
determinasi (R2
) kredit kelompok sebesar 0,820 artinya sebesar 82,0 % variabel reliability, 
responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu mempengaruhi variabel 
kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 18,0% dipengaruhi oleh variabel 
lain yang tidak dimasukkan dalam model. 
Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit perorangan adalah 
responsiveness (0,382), baru yang kedua variabel tangible (0,367), posisi ketiga variabel 
reliability (0,315), keempat variabel assurance (0,248), dan yang terakhir adalah variabel 
emphaty (0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel 
responsiveness (respons/ketanggapan karyawan), disusul yang kedua variabel tangible 
(ujud fisik), posisi ketiga variabel reliability (kemampuan), keempat variabel assurance, 
dan yang terakhir adalah variabel emphaty. Dalam hal ini nasabah perorangan merasa daya 
tanggap dari karyawan karyawan PD.BPR Bank.Pasar Kabupaten Karanganyar mempunyai 
pengaruh paling dominan dalam melayani kredit. 
Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit kelompok adalah emphaty 
(0,367), baru yang kedua variabel tangible (0,295), posisi ketiga variabel responsiveness 
(0,155), keempat variabel reliability (0,133), dan yang terakhir adalah variabel assurance 
(0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel emphaty 
(perhatian), disusul yang kedua variabel tangible, posisi ketiga variabel responsiveness, 
keempat variabel reliability, dan yang terakhir adalah variabel assurance. Dalam hal ini 
nasabah kelompok merasa para perhatian/emphaty dari karyawan PD.BPR.Bank.Pasar 
Kabupaten Karanganyar mempunyai pengaruh paling dominan dalam melayani kredit. 

</description><date>2006</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/6800/1/P100030092.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/6800/2/P100030092.pdf</identifier><identifier> Indra S, Dodik Agung (2006) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> P100030092 </relation><recordID>6800</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Indra S, Dodik Agung |
title |
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR |
publishDate |
2006 |
topic |
HD28 Management. Industrial Management |
url |
http://eprints.ums.ac.id/6800/1/P100030092.pdf http://eprints.ums.ac.id/6800/2/P100030092.pdf http://eprints.ums.ac.id/6800/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel reliability,
responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible terhadap Kepuasan Nasabah Kredit
Perorangan dan Kelompok di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar. Hasil dari uji
parsial Kredit Perorangan, Nilai thitung variabel Reliability dan tangible dari tabel IV.1
sebesar 3,110 dan 4,365 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel responsiveness
sebesar 2,398; emphaty sebesar 2,077 dan assurance sebesar 2,748 adalah signifikan
pada α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti
variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual
masing-masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit perorangan. Hasil
dari uji parsial Kredit Kelompok, Nilai thitung variabel Emphaty dan tangible dari tabel IV.1
sebesar 5,322 dan 3,612 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel reliability sebesar
1,882; responsiveness sebesar 1,991 dan assurance sebesar 1,710 adalah signifikan pada
α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel
reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual masing-
masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit kelompok.
Nilai Fhitung Kredit Perorangan sebesar 47,801 adalah signifikan pada α = 1% maka
hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability,
responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi
variabel kepuasan nasabah kredit perorangan secara signifikan, dan nilai Fhitung untuk kredit
kelompok sebesar 55,633 adalah signifikan pada α = 1%, maka hipotesis nihil ditolak dan
hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty,
assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan nasabah
kredit kelompok secara signifikan.
Uji ketepatan model dengan menggunakan koefisien determinasi (R2
) menunjukkan
nilai koefisien determinasi (R2
) untuk kredit perorangan sebesar 0,898 artinya sebesar 89,8
% variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu
mempengaruhi variabel kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 11,2%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model, dan nilai koefisien
determinasi (R2
) kredit kelompok sebesar 0,820 artinya sebesar 82,0 % variabel reliability,
responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu mempengaruhi variabel
kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 18,0% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak dimasukkan dalam model.
Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit perorangan adalah
responsiveness (0,382), baru yang kedua variabel tangible (0,367), posisi ketiga variabel
reliability (0,315), keempat variabel assurance (0,248), dan yang terakhir adalah variabel
emphaty (0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel
responsiveness (respons/ketanggapan karyawan), disusul yang kedua variabel tangible
(ujud fisik), posisi ketiga variabel reliability (kemampuan), keempat variabel assurance,
dan yang terakhir adalah variabel emphaty. Dalam hal ini nasabah perorangan merasa daya
tanggap dari karyawan karyawan PD.BPR Bank.Pasar Kabupaten Karanganyar mempunyai
pengaruh paling dominan dalam melayani kredit.
Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit kelompok adalah emphaty
(0,367), baru yang kedua variabel tangible (0,295), posisi ketiga variabel responsiveness
(0,155), keempat variabel reliability (0,133), dan yang terakhir adalah variabel assurance
(0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel emphaty
(perhatian), disusul yang kedua variabel tangible, posisi ketiga variabel responsiveness,
keempat variabel reliability, dan yang terakhir adalah variabel assurance. Dalam hal ini
nasabah kelompok merasa para perhatian/emphaty dari karyawan PD.BPR.Bank.Pasar
Kabupaten Karanganyar mempunyai pengaruh paling dominan dalam melayani kredit.
|
id |
IOS2728.6800 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:36:11Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:36:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810542802370560 |
score |
17.538404 |