PERBAIKAN LAYANAN PENGUNJUNG PADA OBYEK WISATA TAMAN SATWA TARU JURUG (TSTJ) SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT)

Main Author: SUDRAJAT, HERU
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/6617/1/D600030141.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6617/2/D600030141.pdf
http://eprints.ums.ac.id/6617/
Daftar Isi:
  • Obyek wisata merupakan salah satu pusat kegiatan perekonomian bagi pemerintahan suatu daerah. Hal ini dikarenakan obyek wisata dapat menghasilkan pemasukan kas bagi pemerintahan daerah jika dikelola dengan baik. Keberadaan obyek wisata juga dapat menjadi aset suatu daerah yang bisa dipromosikan untuk mengenalkan potensi yang ada di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi perbaikan pelayanan yang menjadi daya tarik obyek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang berdasarkan kriteria-kriteria kebutuhan dan keinginan pengunjung dan memberikan usulan usaha apa saja yang harus dilakukan oleh TSTJ untuk memperbaiki dan mewujudkan pelayanan tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan wawancara. Dari data yang diperoleh dilakukan perhitungan dengan metode Quality Function Deployment. Hasil pengolahan dan analisa menunjukkan bahwa keinginan/kebutuhan pengunjung yang memiliki tingkat kepentingan tinggi, tetapi kinerja yang dirasakan rendah meliputi penambahan jenis satwa dilengkapi, kebersihan Lingkungan di TSTJ, kandang satwa perlu diperbaiki, bangunan mushola rusak dan kurangnya sarana Ibadah, permainan anak-anak rusak dan berkarat, penataan kantin didalam TSTJ kurang teratur, tempat parkir tidak luas dan penataan kendaraan kurang rapi, penambahan seni budaya, perbaikan dan kebersihan toilet, perbaikan aquarium ikan air tawar, perawatan pada danau TSTJ.