Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015

Main Author: Fatmajanti, Umi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/35827/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/2/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/4/BAB%20II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/5/BAB%20III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/6/BAB%20IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/7/BAB%20V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/11/LAMPIRAN.PDF
http://eprints.ums.ac.id/35827/21/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/35827/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. (3) interaksi strategi Discovery Learning dan Problem Based Learning serta tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian dua kelas di ambil dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama dan sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian diperoleh: 1) tidak ada pengaruh strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5% . (2) tidak ada pengaruh tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%. (3) tidak ada interaksi strategi pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning serta tingkat kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika dengan α= 5%.