Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa, (3) Pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini berjenis eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Sampel dari penelitian ini, kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan 30 siswa dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan, analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5%, diperoleh: (1) ada pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar siswa.