Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014
Main Author: | Widhiastuti, Herlina Tri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/29694/1/03.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/4/04.BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/7/05.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/9/06.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/13/07.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/16/08.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/19/09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/21/10.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/22/02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/ |
ctrlnum |
29694 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/29694/</relation><title>Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII
Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 </title><creator>Widhiastuti, Herlina Tri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui persentase, letak kesalahan terbanyak serta penyebabnya dalam menyelesaikan soal uraian matematika berbentuk cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel
ditinjau dari aspek kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors). Informan penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Data dikumpulkan menggunakan metode pokok yaitu tes, metode bantu berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan persentase kesalahan membaca sebesar 34,19% tergolong rendah, kesalahan memahami sebesar 38,71% tergolong rendah, kesalahan transformasi soal sebesar 47,10% tergolong sedang, kesalahan keterampilan proses sebesar 69,68% tergolong tinggi dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 70,32% tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi bahwa
kesalahan penulisan jawaban akhir merupakan kesalahan paling banyak dilakukan siswa yang disebabkan lupa dan cenderung malas menuliskan kesimpulan akhir serta kurang terbiasa mengerjakan soal cerita dengan langkah terperinci dan urut.</description><date>2014</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/1/03.HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/4/04.BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/7/05.BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/9/06.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/13/07.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/16/08.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/19/09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/21/10.LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/29694/22/02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Widhiastuti, Herlina Tri (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410100044</relation><recordID>29694</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Widhiastuti, Herlina Tri |
title |
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII
Semester Gasal Smp Negeri 2 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 |
publishDate |
2014 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/29694/1/03.HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/4/04.BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/7/05.BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/9/06.BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/13/07.BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/16/08.BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/19/09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/21/10.LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/22/02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/29694/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui persentase, letak kesalahan terbanyak serta penyebabnya dalam menyelesaikan soal uraian matematika berbentuk cerita pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel
ditinjau dari aspek kesalahan membaca (reading errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors) dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding errors). Informan penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Data dikumpulkan menggunakan metode pokok yaitu tes, metode bantu berupa metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukan persentase kesalahan membaca sebesar 34,19% tergolong rendah, kesalahan memahami sebesar 38,71% tergolong rendah, kesalahan transformasi soal sebesar 47,10% tergolong sedang, kesalahan keterampilan proses sebesar 69,68% tergolong tinggi dan kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 70,32% tergolong tinggi. Berdasarkan hasil analisis jawaban siswa, wawancara, observasi bahwa
kesalahan penulisan jawaban akhir merupakan kesalahan paling banyak dilakukan siswa yang disebabkan lupa dan cenderung malas menuliskan kesimpulan akhir serta kurang terbiasa mengerjakan soal cerita dengan langkah terperinci dan urut. |
id |
IOS2728.29694 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:49:59Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:50:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810896378003456 |
score |
17.538404 |