Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Pamungkas, Novy Nugroho
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/26612/1/halaman_i_-_xv.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/2/BAB_I_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/3/BAB_II_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/4/BAB_III_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/5/BAB_IV_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/6/BAB_V_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/20/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian, eksperimen semu (quasi ekperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi pembelajaran PBL, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan strategi pembelajaran CTL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pada = 5%, diperoleh : (1) Ada pengaruh antara strategi PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.