Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Pamungkas, Novy Nugroho
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/26612/1/halaman_i_-_xv.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/2/BAB_I_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/3/BAB_II_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/4/BAB_III_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/5/BAB_IV_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/6/BAB_V_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/20/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/
ctrlnum 26612
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/26612/</relation><title>Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa&#xD; (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Pamungkas, Novy Nugroho </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar&#xD; matematika. Jenis penelitian, eksperimen semu (quasi ekperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi pembelajaran PBL, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan strategi pembelajaran CTL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang dalam penelitian&#xD; ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pada = 5%, diperoleh : (1) Ada pengaruh antara strategi PBL&#xD; dan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap&#xD; hasil belajar matematika.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/1/halaman_i_-_xv.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/2/BAB_I_%28novy%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/3/BAB_II_%28novy%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/4/BAB_III_%28novy%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/5/BAB_IV_%28novy%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/6/BAB_V_%28novy%29.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/16/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/26612/20/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Pamungkas, Novy Nugroho (2013) Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090182</relation><recordID>26612</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Pamungkas, Novy Nugroho
title Ekperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Problem Based Learning Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa (Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/26612/1/halaman_i_-_xv.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/2/BAB_I_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/3/BAB_II_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/4/BAB_III_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/5/BAB_IV_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/6/BAB_V_%28novy%29.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/16/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/20/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/26612/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh strategi pembelajaran PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian, eksperimen semu (quasi ekperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gatak Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan strategi pembelajaran PBL, dan kelas kontrol yang diberi perlakuan strategi pembelajaran CTL. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis yang dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian pada = 5%, diperoleh : (1) Ada pengaruh antara strategi PBL dan CTL terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Ada pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dan (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika.
id IOS2728.26612
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:47:42Z
last_indexed 2016-09-22T02:47:45Z
recordtype dc
_version_ 1765810763214094336
score 17.538404