Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang (PTK Pada Siswa Kelas VII A Semester Genap SMP Negeri 02 Kaliwungu Tahun Ajaran 2012/2013)
Main Author: | Sari, Rostiana Ambar |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/25079/1/2_Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/2/3_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/3/4_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/4/5_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/6/6_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/7/7_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/8/8_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/10/9_Lampiran_-Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/12/10_Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf http://eprints.ums.ac.id/25079/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah kelas VII A SMP N 2 Kaliwungu yang berjumlah 29 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah guru matematika kelas VII A SMP N 2 Kaliwugu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada materi persegi dan persegi panjang. Hal tersebut terlihat 1) siswa aktif menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain sebelum dilakukan tindakan 13,79% dan setelah tindakan menjadi 75,86%. 2) siswa aktif dalam berdiskusi sebelum dilakukan tindakan 6,89% dan setelah tindakan menjadi 68,96%. 3) siswa yang aktif menulis sebelum dilakukan tindakan 24,13% dan setelah tindakan menjadi 86,20%.