Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013)

Main Author: Purwaningrum, Dina
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/24456/1/3._hal_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/3/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/4/5_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/5/6.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/8/7.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/10/8.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/11/9._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/14/10._lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/15/2._naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/
ctrlnum 24456
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24456/</relation><title>Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013) </title><creator>Purwaningrum, Dina</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, dan prestasi belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengerjakan soal matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan, kerjasama dan prestasi siswa dalam mengerjakan soal matematika pokok bahasan segiempat dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan kedisiplinan siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) keseriusan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 41,66 %, dan setelah putaran III 79,16%, b) siswa datang tepat waktu sebelum putaran 62,5%, dan setelah putaran III 87,5%, c) siswa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 70,83%, dan d) siswa menyelesaikan tugas rumah dengan baik sebelum putaran 62,5% dan setelah putaran III 83,33% (2) Peningkatan kerjasama siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) rasa tanggung jawab dan berkontribusi sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 79,16%, dan b) pengerahan kemampuan secara maksimal sebelum putaran 37,5%%, dan setelah putaran III 70,83%. Dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa siswa mengerjakan soal individu dengan nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu kondisi awal sebelum putaran 45,83%, dan setelah putaran III 87,5%.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/1/3._hal_depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/3/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/4/5_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/5/6.BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/8/7.BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/10/8.BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/11/9._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/14/10._lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24456/15/2._naskah_publikasi.pdf</identifier><identifier> Purwaningrum, Dina (2013) Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090175</relation><recordID>24456</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Purwaningrum, Dina
title Peningkatan Kedisiplinan, Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika dengan Strategi Contextual Teaching And Learning (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Cawas Tahun Ajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB1603 Secondary Education. High schools
url http://eprints.ums.ac.id/24456/1/3._hal_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/3/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/4/5_BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/5/6.BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/8/7.BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/10/8.BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/11/9._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/14/10._lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/15/2._naskah_publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24456/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama, dan prestasi belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas pada semester 2 tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengerjakan soal matematika melalui strategi Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Cawas berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan, kerjasama dan prestasi siswa dalam mengerjakan soal matematika pokok bahasan segiempat dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning. Hal ini dapat dilihat dari (1) peningkatan kedisiplinan siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) keseriusan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru sebelum putaran 41,66 %, dan setelah putaran III 79,16%, b) siswa datang tepat waktu sebelum putaran 62,5%, dan setelah putaran III 87,5%, c) siswa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 70,83%, dan d) siswa menyelesaikan tugas rumah dengan baik sebelum putaran 62,5% dan setelah putaran III 83,33% (2) Peningkatan kerjasama siswa melalui indikator-indikator, yaitu: a) rasa tanggung jawab dan berkontribusi sebelum putaran 54,16%, dan setelah putaran III 79,16%, dan b) pengerahan kemampuan secara maksimal sebelum putaran 37,5%%, dan setelah putaran III 70,83%. Dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa siswa mengerjakan soal individu dengan nilai lebih dari sama dengan 70, yaitu kondisi awal sebelum putaran 45,83%, dan setelah putaran III 87,5%.
id IOS2728.24456
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:46:01Z
last_indexed 2016-09-22T02:46:02Z
recordtype dc
_version_ 1765810750463410176
score 17.538404