Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali dengan menggunakan permainan bingo kata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan cara komparatif, yaitu perbandingan antara keberhasilan pada siklus I, II dan III. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan Siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca, terbukti sebelum dilakukan tindakan kelas anak yang dapat membaca sebesar 35%, siklus I sebesar 60,1%, siklus II mencapai 70,3% dan siklus III berkembang menjadi 80,1%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa di duga “Dengan menggunakan permainan bingo kata dapat mengembangkan kemampuan membaca anak pada kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso tahun ajaran 2012/2013”. Terbukti berhasil dengan, melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat yang akan digunakan; (2) Peneliti mengkondisikan anak (menjelaskan aturan permainan); (3) Peneliti membagi kartu kata kemudian melakukan permainan; (4) Setelah selesai anak diminta maju untuk membaca kata sesuai gambar dengan menyebutkan huruf-huruf yang ada didalamnya; (5) Guru/ peneliti memberikan review dan pesan kepada anak.