ctrlnum 24009
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/24009/</relation><title>Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Bingo Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator> FATIMAH, SITI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali dengan menggunakan permainan bingo kata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan cara komparatif, yaitu perbandingan antara keberhasilan pada siklus I, II dan III. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan Siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca, terbukti sebelum dilakukan tindakan kelas anak yang dapat membaca sebesar 35%, siklus I sebesar 60,1%, siklus II mencapai 70,3% dan siklus III berkembang menjadi 80,1%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa di duga &#x201C;Dengan menggunakan permainan bingo kata dapat mengembangkan kemampuan membaca anak pada kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso tahun ajaran 2012/2013&#x201D;. Terbukti berhasil dengan, melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat yang akan digunakan; (2) Peneliti mengkondisikan anak (menjelaskan aturan permainan); (3) Peneliti membagi kartu kata kemudian melakukan permainan; (4) Setelah selesai anak diminta maju untuk membaca kata sesuai gambar dengan menyebutkan huruf-huruf yang ada didalamnya; (5) Guru/ peneliti memberikan review dan pesan kepada anak.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/24009/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> FATIMAH, SITI (2013) Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Bingo Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> A53C090014</relation><recordID>24009</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author FATIMAH, SITI
title Pengembangan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Bingo Kata Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic L Education (General)
url http://eprints.ums.ac.id/24009/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/24009/
contents Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak didik TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali dengan menggunakan permainan bingo kata. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso, Ngemplak, Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 anak. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan cara komparatif, yaitu perbandingan antara keberhasilan pada siklus I, II dan III. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan Siklus III yang telah dilaksanakan selama penelitian menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca, terbukti sebelum dilakukan tindakan kelas anak yang dapat membaca sebesar 35%, siklus I sebesar 60,1%, siklus II mencapai 70,3% dan siklus III berkembang menjadi 80,1%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa di duga “Dengan menggunakan permainan bingo kata dapat mengembangkan kemampuan membaca anak pada kelompok B TK Aisyiyah Kismoyoso tahun ajaran 2012/2013”. Terbukti berhasil dengan, melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat yang akan digunakan; (2) Peneliti mengkondisikan anak (menjelaskan aturan permainan); (3) Peneliti membagi kartu kata kemudian melakukan permainan; (4) Setelah selesai anak diminta maju untuk membaca kata sesuai gambar dengan menyebutkan huruf-huruf yang ada didalamnya; (5) Guru/ peneliti memberikan review dan pesan kepada anak.
id IOS2728.24009
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:44Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:45Z
recordtype dc
_version_ 1765810747505377280
score 17.538404