Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen Kab. Klaten 2012/2013
Main Author: | Rahayu, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23710/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/8/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/16/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23710/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran di TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan Bermain Peran, wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan didokumentasikan dengan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase Komunikasi dalam Belajar anak sebesar 55,25 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 72,50%, siklus dan siklus II mencapai 82,75 %. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan komunikasi dalam belajar anak di kelas B TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun Pelajaran 20122013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.