ctrlnum 23710
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23710/</relation><title>Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen&#xD; Kab. Klaten 2012/2013</title><creator>Rahayu, Sri</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran di TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak&#xD; kelas B yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan Bermain Peran, wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan didokumentasikan dengan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase Komunikasi dalam Belajar anak&#xD; sebesar 55,25 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 72,50%, siklus dan siklus II mencapai 82,75 %. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan&#xD; &#x201C;diduga dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan komunikasi dalam belajar anak di kelas B TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun Pelajaran 20122013&#x201D; terbukti dan dapat diterima kebenarannya. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/16/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23710/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Sri (2013) Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen Kab. Klaten 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53B090197</relation><recordID>23710</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rahayu, Sri
title Peningkatan Komunikasi Dalam Belajar Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Duwet 2 Kec. Ngawen Kab. Klaten 2012/2013
publishDate 2013
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/23710/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/5/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/16/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/18/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23710/
contents Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran di TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak kelas B yang berjumlah 20 Anak. Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi penerapan Bermain Peran, wawancara yang digunakan antara peneliti dengan anak dan didokumentasikan dengan Komunikasi dalam Belajar Anak melalui metode Bermain Peran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan penelitian, prosentase Komunikasi dalam Belajar anak sebesar 55,25 %. Setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas diperoleh hasil yaitu, siklus I mencapai 72,50%, siklus dan siklus II mencapai 82,75 %. Berdasarkan data hasil PTK tersebut, maka hipotesis tindakan yang menyatakan “diduga dengan menggunakan metode Bermain Peran dapat meningkatkan komunikasi dalam belajar anak di kelas B TK Aisyiyah Duwet 2 Tahun Pelajaran 20122013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
id IOS2728.23710
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:30Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:31Z
recordtype dc
_version_ 1765810745612697600
score 17.538404