Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013

Main Author: Charmanita, Ika Apriliani
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/
ctrlnum 23616
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23616/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn&#xD; Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013</title><creator>Charmanita, Ika Apriliani </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi&#xD; pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini&#xD; adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari&#xD; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan&#xD; Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan&#xD; penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi&#xD; pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada&#xD; kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi&#xD; awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal&#xD; sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar&#xD; siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui&#xD; penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Charmanita, Ika Apriliani (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090230</relation><recordID>23616</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Charmanita, Ika Apriliani
title Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23616/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
id IOS2728.23616
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:26Z
recordtype dc
_version_ 1765810745276104704
score 17.538404