Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013
Main Author: | Charmanita, Ika Apriliani |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/ |
ctrlnum |
23616 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23616/</relation><title>Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn
Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013</title><creator>Charmanita, Ika Apriliani </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi
pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan
penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi
pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada
kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi
awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal
sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar
siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui
penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Charmanita, Ika Apriliani (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090230</relation><recordID>23616</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Charmanita, Ika Apriliani |
title |
Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn
Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/23616/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/15/NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/30/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23616/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi
pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini
adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan
penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi
pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada
kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi
awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal
sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar
siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui
penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
|
id |
IOS2728.23616 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:45:25Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:45:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810745276104704 |
score |
17.538404 |